Soal Tewasnya Brigadir J, Bharada E Mengaku Menembak Karena Perintah Atasan

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 18:58 WIB
Ajudan Irjen Pol. Ferdy Sambo, Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E berjalan memasuki ruangan saat tiba di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Selasa (26/7/2022).  (Foto: M Risyal Hidayat/ANTARA FOTO)
Ajudan Irjen Pol. Ferdy Sambo, Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E berjalan memasuki ruangan saat tiba di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Selasa (26/7/2022). (Foto: M Risyal Hidayat/ANTARA FOTO)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com- Usai menjadi tersangka kasus tewasnya Brigadir J, Bharada Eliezer alias Bharada E mengakui jika ia menembak karena perintah dari atasannya langsung.

Hal itu disampaikannya melalui kuasa hukumnya yaitu Deolipa Yumara. 

"Ya namanya kepolisian dia harus patuh perintah, sama atasan kita juga kalau jadi karyawan patuh perintah sama pimpinan kita, kan sama ajalah," ujar Deolipa di Bareskrim Polri, Senin 8 Agustus 2022 malam sebagaimana dikutip dari laman PMJ News. 

Baca Juga: Beri Motivasi kepada Mahasiswa, Ganjar Pranowo Terharu Ada Lulusan SMK Negeri Jateng Diterima di Unsoed

Deolipa menyebutkan terdapat peraturan dan Undang-undang dalam kepolisian, di mana peraturan tersebut menjadi kewajiban bagi bawahan yang menerima perintah dari atasan.

"Ada undang - undang dan peraturan ke bawah itu, ada peraturan kepolisian yang bekerja dari bawahan menerima perintah dari atasan," paparnya.

Sebelumnya, Deolipa juga menyatakan telah bertemu dan berkoordinasi dengan penyidik Bareskrim Polri terkait pengajuan justice collaborator (JC).

Baca Juga: Ini Tiga Geguritan Penuh Makna Tema Kemerdekaan Untuk Mengenang Pahlawan

"Setiap pengacara adalah penegak hukum, penyidik polisi juga adalah penegak hukum, yang kebetulan sama-sama menangani perkara.

Ketika kami datang kemari, tentunya kepentingan untuk menangani perkara," jelas Deolipa di gedung Bareskrim, Senin 8 Agustus 2022. 

"Ya, macam-macam (koordinasinya), terkait dengan justice collaborator, mungkin dengan BAP tambahan, tapi agendanya itu," sambungnya.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Piala Dunia 2022, Kamerun vs Serbia 3-3

Selasa, 29 November 2022 | 08:55 WIB

Warganet Bertanya-tanya, Kemana Si Oyen?

Jumat, 25 November 2022 | 09:43 WIB

Piala Dunia 2022: Maroko vs Kroasia Imbang 0-0

Kamis, 24 November 2022 | 06:18 WIB
X