Badan Geologi Beri Rekomendasi Potensi Kebencanaan Bagi Pemerintah Daerah

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 11:39 WIB
RUMAH TERTIMBUN di Desa Kutabima dibersihkan dari timbunan longsor dan di antara bencana itu lahir bayi lelaki.(SM Banyumas/Dok BPBD Cilacap)
RUMAH TERTIMBUN di Desa Kutabima dibersihkan dari timbunan longsor dan di antara bencana itu lahir bayi lelaki.(SM Banyumas/Dok BPBD Cilacap)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam semester I 2022 telah memberikan berbagai rekomendasi kepada Pemerintah Daerah terkait potensi-potensi kebencanaan.

Potensi kebencanaan tersebut meliputi letusan gunung api, gerakan tanah, gempa bumi, dan tsunami.

Sekretaris Badan Geologi Ediar Usman mengatakan, Badan Geologi melakukan mitigasi kebencanaan geologi dengan pemantauan visual dan instrumental terhadap letusan gunung api dan gerakan tanah.

Sedangkan potensi gempa bumi dan tsunami, Badan Geologi bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimantologi, dan Geofisika (BMKG) dalam melakukan analisis geologi dan penanggulangannya.

"Semua data yang berkaitan dengan evaluasi geologi dan pemantauan terhadap potensi letusan gunung api dan gerakan tanah disampaikan langsung kepada pemda dan juga pihak terkait lainnya di daerah. Selanjutnya data-data tersebut dapat disampaikan kepada masyarakat setempat," ujar Ediar seperti dilansir banyumas.suaramerdeka.com dari laman esdm.go.id, Jumat 5 Agustus 2022.

Baca Juga: Pasca Banjir Sumpiuh dan Kemranjen, PT KAI Daop V Purwokerto Antisipasi Daerah Rawan Bencana

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Hendra Gunawan menambahkan informasi dari Badan Geologi untuk Pemerintah Daerah sifatnya rekomendasi.

"Kami memberikan peta potensi gerakan tanah, yakni daerah mana saja yang berpotensi terjadi gerakan tanah ke depan," katanya.

Data rekomendasi yang diberikan tidak hanya terkait dengan potensi kebencanaan, melainkan rekomendasi terkait tempat relokasi dan saran teknis kepada Pemerintah Daerah jika terjadi gerakan tanah.

Halaman:

Editor: Puji Purwanto

Sumber: esdm.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemecatan Ferdy Sambo Bukti Komitmen Tegas Polri

Jumat, 23 September 2022 | 08:24 WIB

4,1 Pekerja Sudah Terima BSU, Ini Syarat Penerima BSU

Minggu, 18 September 2022 | 10:02 WIB

KPK Nyatakan Belum Ada Kebocoran Data Akibat Peretasan

Sabtu, 17 September 2022 | 06:57 WIB
X