Cegah Wabah PMK, Penyekatan di Perbatasan Cilacap Terus Dilakukan

- Rabu, 27 Juli 2022 | 19:05 WIB
PERIKSA: Petugas memeriksa hewan ternak di perbatasan Cilacap Banyumas.(SM Banyumas/Dok)
PERIKSA: Petugas memeriksa hewan ternak di perbatasan Cilacap Banyumas.(SM Banyumas/Dok)
 
CILACAP, suaramerdeka-banyumas.com - Guna mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), aparat gabungan TNI-Polri dan dinas terkait di Kabupaten Cilacap kembali menggelar operasi penyekatan di wilayah perbatasan, dengan sasaran hewan ternak sapi, Selasa 26 Juli 2022.
 
Dalam penyekatan, aparat gabungan memeriksa kendaraan pengangkut hewan sapi yang masuk ke wilayah Kabupaten Cilacap.
 
Pemeriksaan yang dilakukan meliputi, pemeriksaan ulang kesehatan, juga kelengkapan dokumen seperti Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).
 
 
Operasi penyekatan itu, dilaksanakan di titik perbatasan, antara lain Pos Sampang, Pos Rawaapu Patimuan, Pos Mergo Dayeuhluhur, Pos Jeruklegi, dan Pos Jetis Nusawungu. 
 
Danramil 07/Maos Kapten Inf M Isa Saefudin menjelaskan, dalam rangka mencegah masuknya hewan ternak sapi yang terkena PMK, pihaknya telah menurunkan personel  bersama aparat Kepolisian, Dinas Pertanian, Dishub dan instansi lainnya untuk melakukan kegiatan operasi Penyekatan.
 
"Mereka kita turunkan untuk membantu pemerintah daerah Kabupaten Cilacap untuk mencegah masuknya PMK ke wilayah Kabupaten Cilacap, dan bersama aparat lainnya melakukan penyekatan dan pemeriksaan di jalur lalulintas perdagangan hewan ternak di Pos penyekatan, serta melakukan monitoring, sosialisasi dan imbauan kepada pelaku usaha hewan ternak di desa maupun pasar hewan terkait virus PMK,” kata Danramil.
 
 
Menurutnya, kendaraan yang mengangkut sapi tanpa di lengkapi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) diperintahkan untuk putar balik dan membuat SKKH ditempat asal pembelian sapi tersebut.
 
Kegiatan itu bertujuan memperketat pengawasan keluar masuknya angkutan yang membawa hewan yang masuk wilayah Kabupaten Cilacap guna mengantisipasi PMK pada hewan ternak," jelasnya.***
 
 
 

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Piala Dunia 2022, Belgia Tumbang oleh Maroko 2-0

Senin, 28 November 2022 | 16:57 WIB

Warganet Bertanya-tanya, Kemana Si Oyen?

Jumat, 25 November 2022 | 09:43 WIB

Piala Dunia 2022: Maroko vs Kroasia Imbang 0-0

Kamis, 24 November 2022 | 06:18 WIB
X