Terkait Kasus Brigadir J, Spesialis Forensik Tegaskan Tugas Forensi adalah Membantu Penyidik

- Jumat, 22 Juli 2022 | 17:52 WIB
Spesialis Forensik, dan Medikolegal, Prof., Dr., dr., Agus Purwadianto, memaparkan pentingnya peran Kedokteran Forensik, dalam proses penegakan hukum di Indonesia. (Dok/Nur)
Spesialis Forensik, dan Medikolegal, Prof., Dr., dr., Agus Purwadianto, memaparkan pentingnya peran Kedokteran Forensik, dalam proses penegakan hukum di Indonesia. (Dok/Nur)

 

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com-Spesialis Forensik dan Medikolegal Prof Dr dr Agus Purwadianto mengatakan tugas ahli forensik adalah membantu penyidik termasuk dalam mengungkap masalah pidana.

Secara detail, tugas forensik yaitu membantu penyidik untuk memeriksa seluruh tubuh korban baik luka maupun kesehatan yang berkaitan dengan tindak pidana.

"Metodologi pada prinsipnya kita menjalankan suatu tugas prosedur ilmiah, kita akan mengolah fakta sampai memproduksi satu alat bukti untuk nantinya menjadi bukti bukti yang akan disampaikan dipengadilan," terang Agus.

Baca Juga: Polri Kabulkan Permintaan Autopsi Ulang Jenasah Brigadir J, Ahli Forensik Akan Dikerahkan

Sehingga, menurut Agus, pada prinsipnya prosedur ilmu kedokteran forensik di Indonesia dan diberbagai negara itu hampir sama karena proses ilmiah itu sama. Dalam hal ini, pembedanya untuk di Indonesia, tidak melakukan terapi, tidak mengobati.

"Setelah didiagnosis penyebab daripada penyakit kami akan menyimpulkan/ membuat deskripsi terkait luka, penyakit ataupun kematian," jelas Agus.

Agus memaparkan pentingnya peran kedokteran forensik dalam proses penegakan hukum di Indonesia.

Baca Juga: Jumlah Jemaah Haji Wafat Tercatat 67 Orang, Berikut Daftar Nama-namanya

"Ilmu kedokteran forensik merupakan suatu cabang spesialis dari ilmu kedokteran, dari awal mula penyidikan hingga proses pidana, forensik pasti berperan karena kami merupakan sahabat pengadilan/amicus curiae," kata Agus, di Jakarta, Kamis 21 Juli 2022.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Nyatakan Biaya Haji Masih Belum Final

Kamis, 26 Januari 2023 | 10:11 WIB

108 Lembaga Pengelola Zakat Tercatat Tak Berizin

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:41 WIB

Lagi, Cianjur Diguncang Gempa Magnitudo 4,3

Selasa, 24 Januari 2023 | 09:44 WIB

Google Doodle Hari Ini Merayakan Tahun Baru Imlek

Minggu, 22 Januari 2023 | 08:15 WIB
X