Polisi ijinkan Otopsi Ulang Jenasah Brigadir J

- Rabu, 20 Juli 2022 | 00:05 WIB
Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo saat melayat dan berencana akan mengirimkan dokter dan tim trauma healing untuk ibu kandung brigadir J atau Yoshua. (SM Banyumas/Foto: PMJ News)
Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo saat melayat dan berencana akan mengirimkan dokter dan tim trauma healing untuk ibu kandung brigadir J atau Yoshua. (SM Banyumas/Foto: PMJ News)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com-Polisi mengijinkan otopsi ulang terjadapnjwnasah Brigadir vJ terkait dengan kasus penembakan di kediaman mantan Kadiv Propam Mabes Polri Irjen Pol Ferdy Sambo pekan lalu.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo menyatakan otopsi atau ekshumasi ulang ini sebagai respon pihak pengacara dan keluarga yang sedang mencari keadilan.

"Hasil koordinasi saya dengan dirtipidum, apabila pengacara mengajukan ekshumasi, dari penyidik terbuka. Ini sesuai dengan komitmen Bapak Kapolri bahwa hasil penyidikan ini akan seterbuka mungkin, setransparan mungkin," tuturnya.

Baca Juga: Empat Rumah di Kepakisan Dilahap Api, Dua Rumah Ludes

Meski demikian upaya ini harus dilaksanakan oleh yang berwenang dalam hal ini Kedokteran Forensik.

"Dan tentunya proses penyidikan harus memenuhi kaidah-kaidah scientific crime investigation. Itu hal yang mutlak harus dilakukan," jelas Dedi kepada wartawan, Selasa 19 Juli 2022 sebagaimana dikutip PMJ News. 

Ekshumasi ini dilakukan kedokteran forensik dan melibatkan pihak ekternal, agar hasilnya sahih dan dapat dipertanggung jawabkan dari sisi keilmuan dan dari semua metode sesuai standar internasional. 

Baca Juga: Sidang Perdana, Aksi Asusila Okum Guru SMP Cabul Ternyata Tidak Sendiri

Menurut Dedi, otopsi mayat atau ekshumasi itu memang ada standar internasionalnya dan akan diaudit.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Nyatakan Biaya Haji Masih Belum Final

Kamis, 26 Januari 2023 | 10:11 WIB

108 Lembaga Pengelola Zakat Tercatat Tak Berizin

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:41 WIB

Lagi, Cianjur Diguncang Gempa Magnitudo 4,3

Selasa, 24 Januari 2023 | 09:44 WIB

Google Doodle Hari Ini Merayakan Tahun Baru Imlek

Minggu, 22 Januari 2023 | 08:15 WIB
X