Operasional Pesantren Shiddiqiyah, Jombang, Tempat Mas Bechi Pelaku Pelecehan Seksual Santri Dibekukan Kemenag

- Jumat, 8 Juli 2022 | 15:01 WIB
Ponpes Shiddiqiyah Jombang yang dikelola keluarga Gus Bechi akhirnya dicabut izin oleh Kementrian Agama (Kemenag) imbas kasus pencabulan. (PMJ News)
Ponpes Shiddiqiyah Jombang yang dikelola keluarga Gus Bechi akhirnya dicabut izin oleh Kementrian Agama (Kemenag) imbas kasus pencabulan. (PMJ News)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com-Ijin Pondok Pesantren Shiddiqiyah, Losari, Ploso, Jombang resmi dibekukan oleh Kementerian Agama, menyusul terungkap dan tertangkapnya anak Kiai pondok pesantren setempat bernama Mochamad Subchi Azal Tsani (MSAT). 

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Waryono mengungkapkan hal tersebut sebagaimana dilansir Suara Merdeka Banyumas dari laman resmi Kemenag. 

Dijelaskan pembekuan operasional pesantren ini ditandai dengan pencabutan nomor statistik dan tanda daftar Pesantren Majma’al Bahrain Shiddiqiyyah, Jombang, Jawa Timur. 

Baca Juga: Tujuh Wakil Indonesia Berlaga di Perempat Final Malaysia Masters 2022 Hari Ini

"Sebagai regulator, Kemenag memiliki kuasa administratif untuk membatasi ruang gerak lembaga yang di dalamnya diduga melakukan pelanggaran hukum berat,”  tegas Waryono di Jakarta, Kamis 7 Juli 2022. 

Waryono mengatakan, pencabulan bukan hanya tindakan kriminal yang melanggar hukum, tetapi juga perilaku yang dilarang ajaran agama. 

"Kemenag mendukung penuh langkah hukum yang telah diambil pihak kepolisian untuk mengusut tuntas kasus tersebut," terang Waryono.

Baca Juga: Jalur Nasional Ajibarang Diperbaiki, Antrean Panjang Kendaraan Terjadi

Dikatakan Waryono, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kanwil Kemenag Jawa Timur, Kankemenag Jombang, serta pihak-pihak terkait untuk memastikan bahwa para santri tetap dapat melanjutkan proses belajar dan memperoleh akses pendidikan yang semestinya.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Nyatakan Biaya Haji Masih Belum Final

Kamis, 26 Januari 2023 | 10:11 WIB

108 Lembaga Pengelola Zakat Tercatat Tak Berizin

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:41 WIB

Lagi, Cianjur Diguncang Gempa Magnitudo 4,3

Selasa, 24 Januari 2023 | 09:44 WIB

Google Doodle Hari Ini Merayakan Tahun Baru Imlek

Minggu, 22 Januari 2023 | 08:15 WIB
X