Menkes: Vaksinasi Booster Terbukti Tingkatkan Kadar Antibodi Tubuh

- Selasa, 5 Juli 2022 | 07:33 WIB
VAKSINASI BOOSTER: Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga Bambang Irawan disuntik vaksin booster di Pendapa Kecamatan Bojongsari, Selasa (25/1/2022).
VAKSINASI BOOSTER: Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga Bambang Irawan disuntik vaksin booster di Pendapa Kecamatan Bojongsari, Selasa (25/1/2022).

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan dari pengamatan Kementerian Kesehatan, vaksinasi booster terbukti mampu meningkatkan kadar antibodi pada tubuh.

Hal itu didasarkan pada hasil sero survei yang dilakukan pada bulan Maret kemarin, sebesar 99 persen populasi di Indonesia sudah memiliki antibodi.

“Jadi kalau Desember kita sero survei antibodinya sekitar 400-an, 500-an, itu sudah dimiliki oleh 88 persen populasi, di bulan Maret kemarin kita sero survei 99 persen populasi sudah memiliki antibodi di level 3.000, 4.000-an, jadi jauh lebih tinggi,” ucap Budi usai rapat terbatas evaluasi PPKM dengan sejumlah menteri bersama Presiden Joko Widodo Senin 4 Juli 2022.

Baca Juga: Ke Depan Vaksinasi Booster Akan Jadi Syarat Perjalanan dan Kegiatan Masyarakat

Menurut Budi, dalam waktu dekat pihaknya akan kembali melakukan sero survei yang dapat dijadikan dasar pengambilan kebijakan terkait protokol kesehatan dan vaksinasi.

“Diharapkan dalam sebulan hasilnya sudah bisa keluar sehingga kita bisa mengambil kebijakan yang tepat mengenai protokol kesehatan dan juga vaksinasi,” tambahnya.

Budi juga menyatakan Indonesia lebih baik dalam menghadapi gelombang subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 dibandingkan dengan sejumlah negara di kawasan Eropa, Amerika, dan negara Asia lainnya.

Baca Juga: Menjelajahi Keakuan Perupa di ArtSog 2022 'Nich!'

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, hal ini disebabkan tingkat disiplin terhadap protokol kesehatan dan vaksinasi yang lebih baik.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: Setkab

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Status Vulkanik Gunung Semeru Meningkat Menjadi Awas

Minggu, 4 Desember 2022 | 15:08 WIB

Garut Diguncang Gempa Magnitudo 6,4

Minggu, 4 Desember 2022 | 05:49 WIB
X