Antisipasi Ternak Terpapar PMK, Panitia Kurban Minta Garansi ke Pedagang

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 06:48 WIB
 HEWAN KURBAN: Pedagang dan pengunjung pasar hewan Ajibarang saat bertransaksi jual beli hewan kurban Rabu 26 Juni 2022 (SM Banyumas/Susanto)
HEWAN KURBAN: Pedagang dan pengunjung pasar hewan Ajibarang saat bertransaksi jual beli hewan kurban Rabu 26 Juni 2022 (SM Banyumas/Susanto)

 

BANYUMAS, suaramerdeka-banyumas.com-Untuk mengantisipasi ternak terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), panitia kurban meminta garansi kepada pedagang hewan kurban.

Garansi ini untuk jaminan kalau ternak yang dibeli ini adalah ternak sehat dan memenuhi syarat untuk dipotong menjadi hewan kurban.

Hal itu disampaikan panitia kurban Masjid Jami' At Taqwa Desa Kranggan Kecamatan Pekuncen, Syu'aib beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Ini Cara Membeli Pertalite atau Solar Subsidi Roda Empat Lewat Mypertamina dengan Tunai ataupun Non Tunai

Menurutnya di saat sekarang ini, pembelian hewan kurban juga terbilang sangat rawan.

"Makanya kami yang diberi kepercayaan oleh pihak pengkurban, agar bisa menjalankan amanat sebaik mungkin. Kami pilihkan hewan kurban terbaik sesuai rukun kurban," jelasnya.

Selain surat keterangan kesehatan hewan (SKKH), pihak panitia juga meminta garansi dari pedagang. Apabila terbukti dalam waktu kurun waktu tertentu, hewan kurban ini teridentifikasi terpapar PMK, maka pedagang wajib mengganti.

Baca Juga: Ini Cara Mendaftar Konsumen Pengguna Solar Subsidi dan Pertalite lewat Website MyPertamina

"Ini sudah menjadi perjanjian kami panitia dengan pedagang. Akad jual beli kamipun satu persatu ekor, bukan borongan. Ini penting untuk menjaga syariat kurban ini benar-benar terlaksana dengan baik," katanya.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Status Vulkanik Gunung Semeru Meningkat Menjadi Awas

Minggu, 4 Desember 2022 | 15:08 WIB

Garut Diguncang Gempa Magnitudo 6,4

Minggu, 4 Desember 2022 | 05:49 WIB
X