Sejumlah Outlet Holywings Terbukti Belum Bersertifikat KBLI Jenis Usaha Bar

- Selasa, 28 Juni 2022 | 08:36 WIB
Pemprov DKI Jakarta mencabut 12 izin usaha outlet Holywings yang tersebar di seluruh Jakarta (instagram@holywingsindonesia)
Pemprov DKI Jakarta mencabut 12 izin usaha outlet Holywings yang tersebar di seluruh Jakarta (instagram@holywingsindonesia)

 

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com- Terkait dengan penutupan outlet Holywings yang menuai kontroversi karena menyebarkan promosi minuman alkohol gratis untuk pengunjung bernama Muhammad dan Maria, sejumlah outlet Holywings terbukti tak memilii sertifikat KBLI jenis usaha bar yang terverifikasi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata menjelaskan, bahwa pihaknya telah melakukan peninjauan lapangan gabungan bersama unsur DPPKUKM, DPMPTSP dan Satpol PP.

Dari peninjauan gabungan tersebut, ditemukan beberapa pelanggaran yang menjadi dasar rekomendasi pencabutan izin.

Hasil penelitian dan pemeriksaan dokumen perizinan Online Single Submission Risk-Based Approach (OSS RBA), serta pemantauan lapangan, beberapa outlet Holywings Group yang berada di wilayah Jakarta, terbukti ditemukan belum memiliki sertifikat standar KBLI 56301 jenis usaha Bar yang telah terverifikasi.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Membiayai Perawatan Prantino Tanpa Batas Biaya

Sertifikat standar KBLI 56301 merupakan Klasifikasi Baku Lingkungan Indonesia yang harus dimiliki oleh operasional usaha bar yakni sebuah usaha yang kegiatannya menghidangkan minuman beralkohol dan non-alkohol serta makanan kecil untuk umum di tempat usahanya.

Penelusuran lebih lanjut, Holywings Group juga ternyata melanggar beberapa ketentuan dari DPPKUKM Provinsi DKI Jakarta, terkait penjualan minuman beralkohol di 12 outlet Holywings Group di DKI Jakarta.

Pelaku usaha hanya memiliki Surat Keterangan Pengecer (SKP) Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 47221 untuk pengecer minuman beralkohol, yang mana penjualan minuman beralkohol hanya diperbolehkan untuk dibawa pulang dan tidak untuk diminum di tempat.

Baca Juga: Tega! Bermodus Ruqyah, Marbot Masjid Diduga Lakukan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Warganet Bertanya-tanya, Kemana Si Oyen?

Jumat, 25 November 2022 | 09:43 WIB

Piala Dunia 2022: Maroko vs Kroasia Imbang 0-0

Kamis, 24 November 2022 | 06:18 WIB
X