Menko Airlangga Dorong Percepatan Vaksinasi Untuk Tekan PMK

- Selasa, 21 Juni 2022 | 09:13 WIB
Pasar hewan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah akan ditutup sementara setelah ada temuan belasan hewan ternak yang positif PMK.
Pasar hewan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah akan ditutup sementara setelah ada temuan belasan hewan ternak yang positif PMK.

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com- Untuk mendorong herd immunity pada hewan ternak jelang Idul Adha, pemerintah mendorong percepatan pengadaan dan vaksinasi pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 

“Dengan ini diharapkan herd immunity bisa segera tercapai,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon) Airlangga Hartarto dalam Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) mengenai Penanganan PMK pada Hewan Ternak, Minggu 19 Juni 2022 sebagiamana dilansir dari  laman resmi Setkab RI.  

Airlangga menambahkan, untuk prioritas vaksinasi dibutuhkan sebanyak 28 juta dosis vaksin yang akan dipenuhi dengan vaksin impor dan vaksin dalam negeri dari Pusat Veteriner Farma (Pusvetma) serta produsen vaksin dalam negeri lainnya.

Baca Juga: Evolusi Harga Buronan Monkey D Luffy Hingga Arc Wano Kuni

“Untuk memenuhi kebutuhan 28 juta dosis sampai akhir 2022, salah satunya pemerintah akan bekerja sama dengan importir swasta dengan jumlah vaksin yang sesuai kebutuhan, dengan kontrol dan pengawasan pemerintah,” Menko Ekon menegaskan.

Mengingat saat ini jumlah vaksinasi PMK masih sangat rendah, Airlangga menekankan perlunya pengaturan dan pengawasan lalu lintas hewan dan ternak untuk kecamatan atau desa mendasarkan pada zonasi, yakni zona merah (daerah wabah), zona oranye (daerah tertular), zona kuning (daerah terduga), dan zona hijau (daerah bebas).

Lalu lintas hewan ternak antarzona risiko tersebut akan terus diawasi, dan juga akan dikendalikan oleh TNI/Polri.

Baca Juga: Pasca Penertiban Kos Mesum, Muncul Penolakan Warga dan Komitmen Pemilik Kos

“Sistem ini penting dilakukan, jangan hanya melihat persentase kasus yang kecil, tapi kita tidak ingin ini terus meluas,”katanya

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: Setkab RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Nyatakan Biaya Haji Masih Belum Final

Kamis, 26 Januari 2023 | 10:11 WIB

108 Lembaga Pengelola Zakat Tercatat Tak Berizin

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:41 WIB

Lagi, Cianjur Diguncang Gempa Magnitudo 4,3

Selasa, 24 Januari 2023 | 09:44 WIB

Google Doodle Hari Ini Merayakan Tahun Baru Imlek

Minggu, 22 Januari 2023 | 08:15 WIB
X