Daerah Kekurangan Guru Tapi Kemampuan Anggaran Terbatas, DPR RI Dorong Bappenas Pikirkan Solusi

- Jumat, 17 Juni 2022 | 09:11 WIB
Para guru berfoto bersama usai upacara penerimaan SK P3K di Stadion Goentoer Darjono Purbalingga, Kamis, 19 Mei 2022. (SMBanyhumas/Ryan Rachman)
Para guru berfoto bersama usai upacara penerimaan SK P3K di Stadion Goentoer Darjono Purbalingga, Kamis, 19 Mei 2022. (SMBanyhumas/Ryan Rachman)

Suaramerdeka-banyumas.com- DPR RI mendorong Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mencarikan solusi untuk mengatasi persoalan guru dan terbatasnya kemampuan anggaran daerah dalam membayar tunjangan bagi guru.

"Masing-masing daerah tidak sama kemampuannya. Kita ini kekurangan guru. Ketika kekurangan guru dibebankan kepada daerah seperti pemenuhan tunjangan guru, maka daerah tidak punya kemampuan untuk membayar.

Solusinya harus dicari," kata Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI M Nur Purnamasidi mengemukakan hal ini saat mengikuti rapat Banggar dengan Bappenas, Kamis 16 Juni 2022 sebagaimana dikutip Suara Merdeka Banyumas dari laman resmi DRP RI.  

Baca Juga: Dorong Generasi Emas, DPRI Sepakati RUU KIA, Cuti Melahirkan Jadi Minimal Enam Bulan

Dijelaskan Purnama, kondisi ini merupakan problem serius yang harus ditangani sungguh-sungguh. 

"Ini problem betul. Daerah butuh guru tapi kemampuan fiskalnya tak memenuhi. Mereka tak punya uang untuk menjalankan UU No.23/2014 tentang Pemerintahan Daerah," jelasnya.  

Pihaknya mendesak Bappenas memikirkan rasio kebutuhan guru di daerah dengan kemampuan keuangannya. Hasilnya nanti bisa dimanfaatkan untuk merumuskan kebijakan yang menasional.

Baca Juga: Serahkan Alutista Produksi Dalam Negeri, Menhan Prabowo Subianto: Ini Tekad Kami Perkuat Industri Pertahanan

"Pasti daerah masih kekurangan guru. Kekurangan ini yang harus dipikirkan. Jangan dikembalikan lagi ke daerah. Daerah itu sudah hancur-hancuran," kilahnya.

Kondisi ini sangat ironis bila dikaitkan dengan misi membangun SDM yang berdaya saing.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: dpr.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

1.000 Lintah Hidup Asal Bengkulu, Diekspor ke Malaysia

Kamis, 29 September 2022 | 09:09 WIB

Pemecatan Ferdy Sambo Bukti Komitmen Tegas Polri

Jumat, 23 September 2022 | 08:24 WIB
X