Dorong Generasi Emas, DPRI Sepakati RUU KIA, Cuti Melahirkan Jadi Minimal Enam Bulan

- Jumat, 17 Juni 2022 | 08:51 WIB

Suaramerdeka-banyumas.com- Untuk mewujudkan generasi emas, DPR RI menyepakati adanya perpanjangan cuti melahirkan bagi ibu pekerja menjadi paling sedikit enam bulan.

Tak hanya itu, ibu melahirkan tidak boleh diberhentikan dari pekerjaan serta tetap mendapatkan gaji dari jaminan sosial perusahaan ataupun tanggung jawab sosial perusahaan. 

 Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut, RUU ini dirancang untuk menciptakan sumber daya manusia Indonesia yang unggul.

Baca Juga: Komisi X DPR RI: Setuju Guru Honorer Langsung Diangkat Jadi PNS PPPK

Hal itu tertuang dalam kesepakatan rancangan undang-undang (RUU) Kesejahteraan Ibu dan Anak (KIA) untuk dibahas lebih lanjut menjadi undang-undang.

RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak masuk dalam daftar Program Legislasi Nasional Prioritas 2022, dan menitikberatkan pada masa pertumbuhan emas anak atau golden age. 

Golden Age merupakan periode krusial tumbuh kembang anak yang kerap dikaitkan dengan 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) sebagai penentu masa depan anak.

Baca Juga: Serahkan Alutista Produksi Dalam Negeri, Menhan Prabowo Subianto: Ini Tekad Kami Perkuat Industri Pertahanan

Puan mengatakan, ada sejumlah hak dasar yang harus diperoleh seorang ibu. Di antaranya, menurut Puan, hak mendapatkan pelayanan kesehatan, jaminan kesehatan saat kehamilan, mendapat perlakuan dan fasilitas khusus pada fasilitas, sarana, dan prasarana umum.***

Editor: Susanto

Sumber: DPR RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

1.000 Lintah Hidup Asal Bengkulu, Diekspor ke Malaysia

Kamis, 29 September 2022 | 09:09 WIB

Pemecatan Ferdy Sambo Bukti Komitmen Tegas Polri

Jumat, 23 September 2022 | 08:24 WIB
X