Waspadai Tiga Hoaks Terkait Vaksinasi Covid-19 yang Mencatut Nama Menteri Luhut

- Jumat, 17 Juni 2022 | 09:22 WIB
HOAKS yang mencatut nama Menko Marinves Luhut Pandjaitan beredar (SM Banyumas/Dok covid19.go.id)
HOAKS yang mencatut nama Menko Marinves Luhut Pandjaitan beredar (SM Banyumas/Dok covid19.go.id)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com-Hoaks atau berita tak benar terus saja mengalir di tengah derasnya informasi di dunia maya sekarang ini termasuk terkait dengan vaksinasi dan perkembangan kesehatan di masa pandemi saat ini. 

Berikut ini tiga hoaks yang patut diketahui dan diwaspadai masyarakat yang dilansir dari laman Satgas Penanggulangan Covid-19. 

1. Hoaks Menko Luhut Larang Lansia Keluar Rumah Empat Minggu

Postingan artikel yang menyebut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta lansia tidak keluar rumah selama empat pekan ke depan karena COVID-19 menggila dan terbukti informasi tersebut tidak benar.

Baca Juga: Daerah Kekurangan Guru Tapi Kemampuan Anggaran Terbatas, DPR RI Dorong Bappenas Pikirkan Solusi

Postingan artikel yang menyebut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta lansia tidak keluar rumah selama empat pekan ke depan adalah artikel di liputan6.com yang ditulis pada bulan Februari 2022 atau saat COVID-19 varian Omicron mulai tinggi kasusnya

 2. Hoaks Pria ilmuwan Pencipta Virus Corona 

Beredar sebuah video di media sosial Facebook yang menampilkan seorang pria yang ditangkap oleh pihak kepolisian dan diliput oleh banyak wartawan. Dari keterangan dalam unggahan video tersebut diklaim bahwa pria berkulit putih tersebut ditangkap karena merupakan pembuat virus corona.

Namun setelah melakukan penelusuran terkait kebenaran informasi ini, ditemukan fakta bahwa klaim video yang menyatakan pria pembuat virus corona telah ditangkap adalah sebuah informasi hoaks.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: Covid19.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

1.000 Lintah Hidup Asal Bengkulu, Diekspor ke Malaysia

Kamis, 29 September 2022 | 09:09 WIB

Pemecatan Ferdy Sambo Bukti Komitmen Tegas Polri

Jumat, 23 September 2022 | 08:24 WIB
X