Viral Video Aceh Siapkan Penyelenggaraan Haji Sendiri, Kemenag: Itu Tak Benar

- Sabtu, 11 Juni 2022 | 09:01 WIB
MASJID Nabawi Madinah  yang nantinya turut jadi tujuan 245 calon jemaah haji asal Purbalingga (SM Banyumas/Dok pixabay)
MASJID Nabawi Madinah yang nantinya turut jadi tujuan 245 calon jemaah haji asal Purbalingga (SM Banyumas/Dok pixabay)
 

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com- Kementerian Agama memberikan klarifikasi bahwa video potongan pernyataan salah satu anggota Komisi VIII DPR yang berisi pernyataan Aceh sedang bersiap menyelenggarakan haji sendiri lepas dari Kemenag, adalah benar-benar video yang tak benar, disinformasi atau hoaks.

Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo memastikan informasi bahwa Aceh sedang mempersiapkan haji secara tersendiri, lepas dari penyelenggaraan yang dilakukan Kementerian Agama, adalah tidak benar dan merupakan disinformasi.

“Tidak benar Aceh sedang siapkan haji sendiri, lepas dari Kemenag. Itu disinformasi,” tegas Wibowo di Jakarta, sebagaimana dikutip dari laman resmi Kemenag.

Baca Juga: Review Lengkao Manga One Piece Chapter 1052: Nama-Nama Yonkou Baru dan Kemana Robin?

Disebutkan bahwa penggalan pernyataan tersebut lalu digabung dengan potongan video ceramah Ustaz Abdul Shamad yang membahas tentang dana haji. Sementara pada salah satu bagian layar, ada gambar Menag Yaqut Cholil Qoumas dengan tulisan ‘DANA HAJI KURANG RP.1,5T, KEBERANGKATAN CJH TERANCAM BATAL!!! KOK BISA !!!???’

Menurutnya, disinformasi seputar jemaah haji Aceh ini mencuat pada Juni 2020, persisnya tidak lama setelah pengumuman pembatalan keberangkatan jemaah haji Indonesia saat itu.

Disinformasi ini muncul seiring adanya berita di salah satu media online dengan judul "Aceh Bisa Lobi Arab Saudi Dapat Kuota Haji Sendiri". Disinformasi ini juga telah diulas oleh kominfo.go.id dalam rubrik Hoaks pada 18 Juni 2020.

Baca Juga: Pendapatan Daerah Banyumas Tahun 2021 Capai 220 Miliar

Padahal, berita itu berisi harapan dari salah satu anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Aceh, Muhammad Fadhil Rahmi agar Pemerintah Aceh memanfaatkan kondisi pandemi Covid-19 untuk melobi Arab Saudi agar memberikan kuota haji secara terpisah kepada Aceh, di luar kuota nasional. 

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Nyatakan Biaya Haji Masih Belum Final

Kamis, 26 Januari 2023 | 10:11 WIB

108 Lembaga Pengelola Zakat Tercatat Tak Berizin

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:41 WIB

Lagi, Cianjur Diguncang Gempa Magnitudo 4,3

Selasa, 24 Januari 2023 | 09:44 WIB

Google Doodle Hari Ini Merayakan Tahun Baru Imlek

Minggu, 22 Januari 2023 | 08:15 WIB
X