Bertemu KPU, Presiden Jokowi Dukung Penyelenggaraan Pemilu Sesuai Jadwal Reguler Lima Tahunan

- Senin, 30 Mei 2022 | 14:02 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan pernyataan tentang kebijakan kelonggaran pemakaian masker di luar ruangan karena melandainya pandemi Covid-19 (SM Banyumas/Tangkapan layar kanal YouTube Setkab RI)
Presiden Jokowi saat memberikan pernyataan tentang kebijakan kelonggaran pemakaian masker di luar ruangan karena melandainya pandemi Covid-19 (SM Banyumas/Tangkapan layar kanal YouTube Setkab RI)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendukung penuh penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak 2024 sebagaimana sudah dijadwalkan, yakni pemungutan suara untuk pemilu pada Rabu, 14 Februari 2024.

Presiden memberikan arahan tersebut saat menerima ketua dan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 30 Mei 2022.

"Jadi Presiden ingin memastikan bahwa penyelenggaraan Pemilu 2024 dilaksanakan sesuai dengan jadwal dan tepat waktu reguler lima tahunannya," kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari dalam keterangannya selepas pertemuan seperti dilansir banyumas.suaramerdeka.com dari laman setkab.go.id, Senin 30 Mei 2022.

 

Beberapa arahan lainnya, yaitu Presiden akan memerintahkan sejumlah menteri yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu untuk memberikan dukungan sepenuhnya kepada KPU.

Para menteri tersebut antara lain Menteri Dalam Negeri, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Menteri Keuangan, Menteri Luar Negeri, Menteri Kesehatan, Panglima TNI, Kapolri, dan Jaksa Agung.

Baca Juga: Polri Siap Kawal dan Amankan Seluruh Tahapan Pemilu 2024

Kemudian, Presiden berpesan kepada seluruh jajaran KPU baik KPU Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, hingga segenap penyelenggara pemilu agar menjaga dan meningkatkan kualitas pemilu.

Beberapa indikatornya antara lain meningkatnya partisipasi pemilih yang terlibat dalam pemilu, meningkatnya kualitas pendidikan pemilih, dan meningkatnya kualitas tata kelola kepemiluan di lingkungan KPU.

Halaman:

Editor: Puji Purwanto

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Nyatakan Biaya Haji Masih Belum Final

Kamis, 26 Januari 2023 | 10:11 WIB

108 Lembaga Pengelola Zakat Tercatat Tak Berizin

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:41 WIB

Lagi, Cianjur Diguncang Gempa Magnitudo 4,3

Selasa, 24 Januari 2023 | 09:44 WIB

Google Doodle Hari Ini Merayakan Tahun Baru Imlek

Minggu, 22 Januari 2023 | 08:15 WIB
X