23 Mei, Kran Ekspor Minyak Goreng Dibuka, Jokowi Pastikan Pasokan Terpenuhi dan Harga Terjangkau

- Jumat, 20 Mei 2022 | 23:54 WIB
Presiden RI Joko Widodo saat memberikan pernyataan pers soal tanggapan kasus ekspor minyak goreng dan CPO dan pencaburan larangan ekspor migor di Istana Merdek kemarin (SM Banyumas/Setkab RI)
Presiden RI Joko Widodo saat memberikan pernyataan pers soal tanggapan kasus ekspor minyak goreng dan CPO dan pencaburan larangan ekspor migor di Istana Merdek kemarin (SM Banyumas/Setkab RI)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com-Meski memastikan akan kembali membuka kran ekspor minyak goreng mulai Senin 23 Mei 2022 mendatang, namun pemerintah memastikan ketersediaan minyak goreng dalam negeri terpenuhi.

“Meskipun ekspor dibuka, pemerintah akan tetap mengawasi dan memantau dengan ketat untuk memastikan pasokan tetap terpenuhi dengan harga terjangkau,” ujar Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam siaran persnya Kamis 19 Mei 2022. 

Pembukaan ekspor ini kata Jokowi, didasarkan kondisi pasokan dan harga minyak goreng saat ini serta mempertimbangkan adanya 17 juta orang tenaga kerja di industri sawit, baik petani, pekerja, dan juga tenaga pendukung lainnya. 

Baca Juga: Pemerintah Siap Terapkan Pembelian Minyak Goreng Gunakan KTP

Presiden pun menegaskan bahwa pemerintah akan terus memantau dan mengawasi dengan ketat untuk memastikan minyak goreng tersedia dengan harga terjangkau di tanah air.

Kepala Negara mengungkapkan, sejak kebijakan pelarangan ekspor minyak goreng diterapkan, pemerintah terus memantau dan mendorong berbagai langkah untuk memastikan ketersediaan minyak goreng agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Berdasarkan pengecekan langsung di lapangan dan laporan yang diterima, Presiden menyampaikan bahwa pasokan minyak goreng terus bertambah.

Baca Juga: Soal Kuota, Protokol dan Syarat Vaksin Lengkap Jemaah Haji dari Saudi, Menko PMK: Wong Kita Tamu Kok

“Kebutuhan nasional untuk minyak goreng curah adalah sebesar kurang lebih 194 ribu ton per bulannya.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: Setkab RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemecatan Ferdy Sambo Bukti Komitmen Tegas Polri

Jumat, 23 September 2022 | 08:24 WIB
X