Pemerintah Siap Terapkan Pembelian Minyak Goreng Gunakan KTP

- Jumat, 20 Mei 2022 | 23:48 WIB
Presiden Jokowi mengecek langsung ketersediaan minyak goreng di sejumlah lokasi pasar dan toko swalayan, di DIY, Minggu (13/03/2022) pagi. (SM Banyumas/dok Foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi mengecek langsung ketersediaan minyak goreng di sejumlah lokasi pasar dan toko swalayan, di DIY, Minggu (13/03/2022) pagi. (SM Banyumas/dok Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com-Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menuturkan pemerintah siap menerapkan sistem pembelian minyak goreng curah dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) demi menjamin pasokan minyak goreng.

"Distribusi pasar juga akan menggunakan sistem pembelian yang berbasis KTP," terang Airlangga dalam siaran persnya, di Jakarta, Jumat 20 Mei 2022. 

Hal ini dilaksanakan untuk menjamin ketersediaan bahan baku minyak goreng, meskipun ada pencabutan kebijakan larangan sementara ekspor minyak goreng dan bahan baku minyak goreng oleh pemerintah mulai Senin 23 Mei 2022 mendatang. 

Baca Juga: Soal Kuota, Protokol dan Syarat Vaksin Lengkap Jemaah Haji dari Saudi, Menko PMK: Wong Kita Tamu Kok

Selain itu, pemerintah juga menerapkan aturan domestic market obligation oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan domestic price obligation yang mengacu terhadap kajian BPKP.

Jumlah Domestic Market Obligation (DMO) dijaga pada jumlah 10 juta ton minyak goreng yang terdiri dari 8 juta ton minyak goreng pasokan dan sebagai cadangan sebesar 2 juta ton .

"Kementerian Perdagangan akan menetapkan jumlah besaran DMO. DMO akan atau harus dipenuhi masing-masing produsen,”ujarnya.

Baca Juga: Dosis Vaksin Belum Lengkap, 17 Ribu Calon Jemaah Haji Terancam Tak Berangkat Haji

“Selain itu mekanisme untuk memproduksi, dan mendistribusikan minyak goreng kemasan rakyat secara merata dan tepat sasaran," pungkasnya.***

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemecatan Ferdy Sambo Bukti Komitmen Tegas Polri

Jumat, 23 September 2022 | 08:24 WIB
X