Kepala BNPB Tinjau Langsung Gunung Anak Krakatau, Minta Warga Tetap Waspada

- Minggu, 1 Mei 2022 | 14:57 WIB
Foto Udara Kondisi Gunung Anak Krakatau, Provinsi Lampung, Kamis (28/4) (SM Banyumas/dok Kouminaksi Kebencanaa/M Arfari Dwiatmodjo)/
Foto Udara Kondisi Gunung Anak Krakatau, Provinsi Lampung, Kamis (28/4) (SM Banyumas/dok Kouminaksi Kebencanaa/M Arfari Dwiatmodjo)/

LAMPUNG, suaramerdeka-banyumas.com-Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto meminta masyarakat untuk tidak beraktivitas di lokasi bahaya dekat Gunung Anak Krakatau yang masih aktif hingga sekarang.

Hal itu disampaikannya saat melakukan peninjauan lapangan menggunakan helikopter Bell 412 ke Gunung Anak Krakatau, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung pada Kamis 29 April 2022 bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dan Kepala PVMBG Hendra Gunawan.

“Bagi masyarakat yang berada di wilayah KRB 1 agar meningkatkan kewaspadaan dengan tidak melakukan aktivitas di sekitar lembah singai yang berhulu di daerah puncak.

Baca Juga: Arus Mudik Lebaran Banyumas, Mobil Terbalik di Kranggan Pekuncen

Sedangkan di KRB 2 diharapkan masyarakat menyiapkan diri untuk mengungsi dan menunggu perintah dari pemerintah daerah setempat sesuai rekomendasi Kementerian ESDM melalui Badan Geologi,” kata Suharyanto setelah melakukan tinjauan.

Suharyanto menegaskan masyarakat agar menaati penetapan wilayah-wilayah yang termasuk dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) Gunung Anak Krakatau. KRB 1 dengan radius 7 kilometer dari puncak gunung, KRB 2 dengan radius 5 kilometer dari puncak gunung dan KRB 3 dengan radius 2 kilometer.

Lebih lanjut dirinya menambahkan, khusus wilayah KRB 3 harus kosong dan tidak boleh ada aktivitas apapun pada wilayah tersebut.

Baca Juga: Mampir di Rest Area Karangreja, Ada Pom Mini, Bengkel, Pijat, Sampai Tambal Ban

“Masyarakat di wilayah KRB 3 tidak diperbolehkan melakukan aktivitas dan mulai menyiapkan diri untuk mengungsi (jika ada penduduk),” lanjutnya.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: BNPB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Nyatakan Biaya Haji Masih Belum Final

Kamis, 26 Januari 2023 | 10:11 WIB

108 Lembaga Pengelola Zakat Tercatat Tak Berizin

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:41 WIB

Lagi, Cianjur Diguncang Gempa Magnitudo 4,3

Selasa, 24 Januari 2023 | 09:44 WIB

Google Doodle Hari Ini Merayakan Tahun Baru Imlek

Minggu, 22 Januari 2023 | 08:15 WIB
X