Sungai Lembe Meluap, 400 Rumah di Toltoli Terendam Banjir

- Jumat, 22 April 2022 | 08:08 WIB
Hujan dengan intensitas tinggi serta luapan Sungai Lembe masuk hingga ke pemukiman warga di Kecamatan Baolan, Tolitoli, Sulawesi Tengah, Rabu (20/4). (SM Banyumas/dok BPBD Kabupaten Tolitoli)
Hujan dengan intensitas tinggi serta luapan Sungai Lembe masuk hingga ke pemukiman warga di Kecamatan Baolan, Tolitoli, Sulawesi Tengah, Rabu (20/4). (SM Banyumas/dok BPBD Kabupaten Tolitoli)

Suaramerdeka-banyumas.com-Akibat luapan Sungai Lembe usai guyuran hujan deras, 400 unit rumah warga terendam banjir di Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah, pada Rabu 20 April 2022.

Informasi awal yang diterima menyebutkan banjir melanda Desa Lelean Nono, Desa Panasakan dan Kelurahan Baru yang terletak di Kecamatan Baolan. Tidak ada korban jiwa atas kejadian ini.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 WITA setelah hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan debit air Sungai Lembe naik hingga meluap masuk menngenangi pemukiman warga. 

Baca Juga: Kemenkes Siapkan 340 Pos Kesehatan Jalur Mudik, Dorong Pemudik Segerakan Vaksin Booster

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tolitoli menginformasikan pihaknya terus melakukan pendataan dampak peristiwa tersebut.

Pemutakhiran data yang dihimpun Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB per hari ini (21/4) pukul 19.00 WIB menyebutkan banjir sudah surut.

Meski demikian, BPBD Provinsi Sulawesi Tengah juga melakukan koordinasi di tingkat kabupaten serta pihak terkait guna mengantisipasi adanya potensi banjir susulan.

Baca Juga: Unsoed Resmikan Nama Auditorium Graha Widyatama Prof Rubijanto Misman

Melihat peringatan dini cuaca BMKG esok hari (22/4), wilayah Sulawesi Tengah berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada siang sampai dinihari di wilayah Kab/Kota Palu, Donggala, Sigi, Parimo, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: BNPB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Piala Dunia 2022, Kamerun vs Serbia 3-3

Selasa, 29 November 2022 | 08:55 WIB

Warganet Bertanya-tanya, Kemana Si Oyen?

Jumat, 25 November 2022 | 09:43 WIB

Piala Dunia 2022: Maroko vs Kroasia Imbang 0-0

Kamis, 24 November 2022 | 06:18 WIB
X