Syarat Mudik Lebarang lewat Darat, Laut, Udara, Pemudik yang Belum Booster Wajib Test Antigen atau PCR

- Senin, 4 April 2022 | 11:32 WIB
ILUSTRASI pelaku perjalanan menggunakan mode kereta api  (SM Banyumas/pexel Elena Saharofa)
ILUSTRASI pelaku perjalanan menggunakan mode kereta api (SM Banyumas/pexel Elena Saharofa)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com-Pemudik yang telah mendapatkan suntikan booster tidak wajib melakukan tes antigen ataupun PCR untuk bisa melakukan perjalanan dalam negeri lewat mode transportasi darat laut dan udara.

Tetapi yang belum vaksin booster harus mengikuti testing terlebih dulu.

Hal itu dijelaskan Satgas Penanganan Covid-19, Suharyanto usai menjelaskan aturan baru tentang mudik yaitu aturan perjalanan dalam negeri darat laut ataupun udara yang berlaku 2 April 2022.

Baca Juga: Update Longsor Cilacap, Masih Ada 177 Warga Mengungsi, Dapur Umum dan Layanan Kesehatan Dioptimalkan

Melalui aturan dan dukungan fasilitas untuk keamanan para pemudik, Suharyanto mengimbau masyarakat untuk tetap patuh menerapkan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi.

"Masyarakat silakan mudik dengan aman dengan tetap proteksi yang maksimal dan berlapis untuk melindungi diri sendiri dan keluarga dengan melakukan vaksinasi booster," tutur Suharyanto.

Walaupun sudah melakukan vaksinasi booster, protokol kesehatan tetap wajib dilakukan dengan menggunakan masker, mencuci tangan dan  selalu menjaga kebersihan ketika berpindah tempat saat sedang melakukan perjalanan mudik," tutupnya.

Baca Juga: Pasca Longsor Cilacap, Jalan Utama Desa Sudah Bisa Dipulihkan

Menindaklajuti arahan Presiden tersebut, Suharyanto menjelaskan aturan pelaksanaan perjalanan dalam negeri atau mudik lebaran Idul Fitri tahun 2022 untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di tengah masyarakat.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: Setkab

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X