Ini Alasan Jokowi Cabut Subsidi Minyak Goreng Kemasan, Menurut Kantor Staf Presiden

- Sabtu, 19 Maret 2022 | 17:18 WIB
Presiden Jokowi mengecek langsung ketersediaan minyak goreng di sejumlah lokasi pasar dan toko swalayan, di DIY, Minggu (13/03/2022) pagi. (SM Banyumas/dok Foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi mengecek langsung ketersediaan minyak goreng di sejumlah lokasi pasar dan toko swalayan, di DIY, Minggu (13/03/2022) pagi. (SM Banyumas/dok Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com-Peduli kepada masyarakat dan menjaga keberlangsungan industri minyak goreng tanah air menjadi alasan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi mencabut subsidi atas minyak goreng kemasan dan hanya hanya memberikan subsidi untuk minyak goreng curah.

Hal itu ditegaskan oleh Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Edy Priyono dalam keterangan persnya Sabtu 19 Maret 2022. 

"Pemerintah di satu sisi sangat peduli terhadap kebutuhan masyarakat, Tapi di sisi lain pemerintah menyadari industri ini harus berjalan terus. Jadi bapak Presiden ingin menjaga keseimbangan ini, yakni menjaga kepentingan masyarakat dan produsen," ungkapnya. 

Baca Juga: Muhammad Fauzan, Vokalis Sisitipsi Tersangka Penyalahgunaan Ganja, Sudah Konsumsi 12 Tahun

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mencabut subsidi minyak goreng kemasan dan melepaskan ke harga keekonomian, serta memutuskan menyubsidi harga minyak goreng curah sebesar Rp14 ribu per liter.

Subsidi tersebut diberikan dari dana Badan Pengelola Dana Perekebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Untuk mengimplementasikan kebijakan ini memang tak mudah karena pemerintah harus menjamin ketersediaan minyak goreng curah di pasaran sehingga tak terjadi kelangkaan.

Baca Juga: Beredar, Video Megawati Komentari Hebohnya Urusan Beli Minyak Goreng

Dicabutnya subsidi minyak goreng kemasan juga berpotensi akan mendorong peralihan pengguna minyak goreng kemasan ke minyak goreng curah.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Piala Dunia 2022, Kamerun vs Serbia 3-3

Selasa, 29 November 2022 | 08:55 WIB

Warganet Bertanya-tanya, Kemana Si Oyen?

Jumat, 25 November 2022 | 09:43 WIB

Piala Dunia 2022: Maroko vs Kroasia Imbang 0-0

Kamis, 24 November 2022 | 06:18 WIB
X