Terkait Kebutuhan Migor, Pramono Anung: Minyak Sawit Untuk Ekspor Diminta Untuk Penuhi Kebutuhan Dalam Negeri

- Senin, 14 Maret 2022 | 00:47 WIB
Minyak goreng pada operasi pasar didistribusikan ke pedagang Pasar Proliman Purwokerto. (SMBanyumas/Puji Purwanto)
Minyak goreng pada operasi pasar didistribusikan ke pedagang Pasar Proliman Purwokerto. (SMBanyumas/Puji Purwanto)

BALIKPAPAN, suaramerdeka-banyumas.com-Sekretaris Kabinet Pramono Anung menegaskan pemerintah akan mendorong produsen minyak sawit mentah untuk memprioritaskan pemenuhan kebutuhan dalam negeri dibanding ekspor meskipun harga di luar negeri tinggi. 

Hal itu disampaikannya menanggapi hasil pengecekan ketersediaan minyak goreng (migor) oleh Presiden Joko Widodo di Yogyakarta yang mendapati tak stabilnya pasokan dan jadwal pengiriman minyak goreng pada Minggu 13 Maret 2022.

Terkait masalah minyak goreng, Pramono Anung menyatakan Kepala Negara juga akan segera mengadakan rapat bersama jajarannya selepas acara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Baca Juga: Presiden Jokowi Cek Ketersediaan Minyak Goreng, Pedagang: Pengiriman Minyak Goreng Tak Pasti Jadwal

“Hal ini tidak bisa dibiarkan terlalu lama, sehingga dengan demikian direncanakan setelah kembali dari acara IKN ini, Presiden akan mengadakan rapat intern untuk segera memutuskan persoalan yang berkaitan dengan minyak goreng ini,” jelasnya.

Selain itu, Pramono juga menyebutkan bahwa pemerintah akan meminta para produsen minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) untuk memprioritaskan kebutuhan di dalam negeri.

“Dilihat dari total produksi (CPO) kita yang hampir 50 juta kan hampir 26-28 juta itu diekspor, sehingga dengan demikian bagian untuk ekspor itu harus diprioritaskan untuk kepentingan dalam negeri.

Baca Juga: Terpeleset dan Terjatuh, Satu Orang Pendaki Gunung Slamet Terluka

Maka harus diminta kepada produsen untuk lebih memprioritaskan kepentingan masyarakat kita pada saat ini, walaupun harga di luar tinggi sekali,” tegas Pramono Anung. 

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: Setkab

Tags

Artikel Terkait

Terkini

1.000 Lintah Hidup Asal Bengkulu, Diekspor ke Malaysia

Kamis, 29 September 2022 | 09:09 WIB

Pemecatan Ferdy Sambo Bukti Komitmen Tegas Polri

Jumat, 23 September 2022 | 08:24 WIB
X