Berlaku Label Halal Indonesia BPJPH, Logo Halal MUI Tidak Berlaku Lagi

- Minggu, 13 Maret 2022 | 10:32 WIB
LOGO Halal  MUI tak berlaku lagi sejak berlakunya logo Halal dari BPJPH Kemenag (SM Banyumas/dok)
LOGO Halal MUI tak berlaku lagi sejak berlakunya logo Halal dari BPJPH Kemenag (SM Banyumas/dok)

JAKARTA, suaramerdeka-Dengan berlakunya label halal Indonesia baru yang keluarkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag), maka logo halal Majelis Ulama Indonesia tidak berlaku lagi. 

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menegaskan tentang berlakunya label halal Indonesia dari BPJPH Kemenag yang berlaku secara nasional sejak 1 Maret 2022.

Sambil mencantumkan link berita Kementerian Agama tentang berlakunya label Halal Indonesia yang berlaku nasional, akun instagram Gus Yaqut menegaskan hal tersebut.

Baca Juga: Label Halal Indonesia, Berlaku Nasional dan Wajib Dicantumkan pada Kemasan Produk 

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama menetapkan label halal yang berlaku secara nasional. Penetapan label halal tersebut dituangkan dalam Keputusan Kepala BPJPH Nomor 40 Tahun 2022 tentang Penetapan Label Halal.

Di waktu-waktu yang akan datang, secara bertahap label halal yang diterbitkan oleh MUI dinyatakan tidak berlaku lagi. Sertifikasi halal, sebagaimana ketentuan Undang-undang, diselenggarakan oleh Pemerintah, bukan lagi Ormas.

Baca Juga: Ini Dia Label Halal Indonesia yang Baru Saja Ditetapkan Kemenag, Berikut dengan Art Fiosofi Label


Sebelumnya Kepala BPJPH Kemenag Muhammad Aqil Irham membeberkan alasan pergantian logo label halal ini.

Menurut dia, hal tersebut merupakan amanat dari PP No 39 Tahun 2021 tentang Jaminan Produk Halal. Disebutkan bahwa yang berwenang mengeluarkan logo label halal adalah BPJPH.

Di sisi lain, kata dia, saat ini sertifikat halal dikeluarkan oleh BPJPH, bukan lagi oleh MUI. Alasan pergantian label ini pun seiring dengan peralihan kewenangan pemberian sertifikat halal dari MUI ke BPJPH.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: Instagram @gusyaqut

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X