Label Halal Indonesia, Berlaku Nasional dan Wajib Dicantumkan pada Kemasan Produk

- Minggu, 13 Maret 2022 | 10:20 WIB
LABEL Halal Indonesia yang baru saja ditetapkan oleh Kemenag dan berlaku efektif sejak 1 Maret 2022.(SM Banyumas/Dok)
LABEL Halal Indonesia yang baru saja ditetapkan oleh Kemenag dan berlaku efektif sejak 1 Maret 2022.(SM Banyumas/Dok)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com-Label Halal Indonesia yang efektif berlaku sejak 1 Maret 2022, berlaku secara nasional dan wajib dicantumkan pada kemasan produk yang telah mendapatkan sertifikasi halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama. 

Sekretaris BPJPH Muhammad Arfi Hatim menjelaskan label ini sekaligus menjadi tanda suatu produk telah terjamin kehalalannya dan memiliki sertifikat halal yang diterbitkan BPJPH.

Karena itu, pencantuman label Halal Indonesia wajib dilakukan pada kemasan produk, bagian tertentu dari produk, dan/atau tempat tertentu pada produk.

Baca Juga: Ini Dia Label Halal Indonesia yang Baru Saja Ditetapkan Kemenag, Berikut dengan Art Fiosofi Label

"Label Halal Indonesia ini selanjutnya wajib dicantumkan pada kemasan produk, bagian tertentu dari produk, dan/atau tempat tertentu pada produk." kata Arfi Hatim.

Sebagai penanda kehalalan suatu produk, maka pencantuman label halal harus mudah dilihat dan dibaca oleh masyarakat atau konsumen. Pencantuman label halal juga dipastikan tidak mudah dihapus, dilepas, dan dirusak, dan dilaksanakan sesuai ketentuan.

"Sesuai ketentuan Pasal 25 Undang-undang Nomor 33 tentang Jaminan Produk Halal, pencantuman label halal merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pelaku usaha yang telah memperoleh sertifikat halal, di samping kewajiban menjaga kehalalan produk secara konsisten, memastikan terhindarnya seluruh aspek produksi dari produk tidak halal, memperbarui sertifikat Halal jika masa berlaku sertifikat halal berakhir, dan melaporkan perubahan komposisi bahan kepada BPJPH," tegas Arfi.

Baca Juga: Sumur di Pad 28 GeoDipa Semburkan Gas Beracun, 1 Pekerja Geodipa Meninggal Dunia

Komponen dan Kode Warna Label Halal

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X