Di Konawe, Banjir Rendam 52 Rumah, Di Madiun Angin Kencang Sapu Enam Desa 55 Rumah Rusak

- Selasa, 18 Januari 2022 | 07:34 WIB
BANJIR Konawe, Sulawesi Tenggara pekan lalu (SM Banyumas/Dok)
BANJIR Konawe, Sulawesi Tenggara pekan lalu (SM Banyumas/Dok)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com-Bencana meteorologi yang dipicu hujan lebat dan angin kencang terjadi di wilayah Konawe, Sulawesi Tenggara menyebabkan 52 rumah warga di empat desa terendam banjir dan longsor pada Sabtu 15 Januari 2022 pukul 22.30 WITA.

Dilansir dari laman resmi BNPB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe melaporkan empat desa yang terdampak berada di wilayah Kecamatan Besulutu, yakni Desa Onembute, Amosilu, Asunde dan Pundoho dengan Tinggi Muka Air (TMA) bervariasi antara 40 cm hingga 60 cm. 

Sesaat sebelum banjir dan longsor melanda, dilaporkan adanya sumbatan di hilir sungai sehingga air meluap pada sore hari sekitar pukul 17.00 WITA. Kondisi ini memperparah debit air yang masuk ke area pemukiman warga yang ada di sekitar aliran sungai. 

Baca Juga: Longsor Sumedang Selatan, 2 Hektar Sawah Tertimbun, 26 Rumah Warga Terancam

Selain 52 KK (Kepala Keluarga) yang rumahnya terendam, banjir dan longsor juga menyebabkan beberapa akses jalan tergenang sehingga pengendara harus melambatkan laju kendaraannya saat melintas.

Hingga saat ini petugas masih terus mendata jumlah korban dan kerugian atas kejadian ini serta berkoordinasi dengan instansi terkait.

55 Rumah Rusak Ringan

Sementara itu angin kencang melanda enam desa di Kabupaten Madiun, Jawa Timur pada Minggu sore 16 Januari 2022 sekitar 16.00 WIB.

Baca Juga: Pemulihan Pasca Gempa Bumi Banten, Kepala BNPB Minta Data Kerusakan Segera Diverifikasi

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: BNPB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Indonesia Secara De Facto Telah Menuju Endemi

Kamis, 12 Mei 2022 | 16:58 WIB
X