Perbaiki Tata Kelola SDA, Presiden Jokowi Cabut 2.708 Ijin Pertambangan, HGU dan HGB, Ini Lengkapnya..

- Jumat, 7 Januari 2022 | 10:14 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) (SM Banyumas/Dok tagkapan layar YouTube Setkab)
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) (SM Banyumas/Dok tagkapan layar YouTube Setkab)

BOGOR, suaramerdeka-banyumas.com-Untuk memperbaiki tata kelola sumber daya alam di Indonesia, pemerintah mengevaluasi hingga mencabut ribuan ijin usaha pertambangan, hak guna lahan dan hak guna bangunan yang dinilai merusak alam dan lainnya.. 

Hal itu disampaikan dalam pernyataan pers Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat Kamis 6 Januari 2022.

Berikut ini pernyataan lengkap Presiden RI tentang Izin Usaha Pertambangan (IUP), Hak Guna Usaha (HGU), dan Hak Guna Bangunan (HGB) sebagaimana dilansir dari laman resmi Sekab RI.

Baca Juga: Dieng Diguncang Gempa Bumi Dangkal

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalammu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara sekalian yang saya hormati,
Pemerintah terus memperbaiki tata kelola sumber daya alam agar ada pemerataan, transparan, dan adil untuk mengoreksi ketimpangan, ketidakadilan, dan kerusakan alam.

Izin-izin pertambangan, kehutanan, dan juga penggunaan lahan negara terus dievaluasi secara menyeluruh. Izin-izin yang tidak dijalankan, yang tidak produktif, yang dialihkan ke pihak lain, serta yang tidak sesuai dengan peruntukan dan peraturan kita cabut.

Yang pertama, hari ini sebanyak 2.078 izin perusahaan penambangan minerba kita cabut, karena tidak pernah menyampaikan rencana kerja, izin yang sudah bertahun-tahun telah diberikan tetapi tidak dikerjakan dan ini menyebabkan tersanderanya pemanfaatan sumber daya alam untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Kedua, hari ini juga kita cabut sebanyak 192 izin sektor kehutanan seluas 3.126.439 hektare. Izin-izin ini dicabut karena tidak aktif, tidak membuat rencana kerja, dan ditelantarkan.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terdata, 1.378 Rumah Rusak Akibat Gempa Bumi Banten

Selasa, 18 Januari 2022 | 06:47 WIB
X