Info Erupsi Gunung Semeru, Jumlah Korban Meninggal Dunia 46 jiwa dan 9.118 Mengungsi

- Senin, 13 Desember 2021 | 00:03 WIB
SUASANA lokasi terdampak Erupsi Gunugn Semeru dalam tangkapan foto dari petugas tim gabungan (SM Banyumas/Dok BNPB)
SUASANA lokasi terdampak Erupsi Gunugn Semeru dalam tangkapan foto dari petugas tim gabungan (SM Banyumas/Dok BNPB)

LUMAJANG, suaramerdeka-banyumas.com– Hingga Sabtu petang 11 Desember 2021, Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) yang berada di bawah koordinasi Basarnas yang memfokuskan pencarian di tiga sektor menemukan kembali korban meninggal dunia hingga menjadi korban meninggal dunia menjadi 46 jiwa.

Dampak korban jiwa lainnya, 9 jiwa masih dinyatakan hilang, sedangkan luka berat 18 jiwa dan luka ringan 11 jiwa. 

Sementara itu, pendataan warga yang mengungsi berjumlah 9.118 jiwa. Proses pendataan penyintas masih terus dimutakhirkan setiap harinya. Dari total angka tersebut, jumlah penyintas laki-laki 4.435 jiwa dan 4.683 jiwa.

Baca Juga: SMK Miftahul Huda Deklarasikan  Sebagai Sekolah Bebas Perundungan

Saat ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dibantu para relawan membantu untuk penguatan pendataan di lapangan sehingga data terpilah, khususnya kelompok rentan, dapat terdata dengan lebih baik. 

Tim SAR dari personel Basarnas, TNI, Polri, BPBD, relawan dan warga ini terbagi ke dalam 4 grup. Tiga grup memfokuskan pada pencarian di tiga sektor sedangkan satu lainnya bersiaga untuk evakuasi dan membantu pendataan warga terdampak bencana.

Grup pertama melakukan pencarian di Dusun Kajar Kuning dan Curah Kobokan, grup dua di daerah tambang Pasir H. Satuhan dan grup ketiga di Dusun Keboneli dan Kampung Renteng.

Baca Juga: Dua Peserta Lomba Dayung Perahu Naga Tenggelam, Satu Meninggal Dunia, Satu Masih Dicari

Kondisi cuaca hujan terkadang menghambat proses pencarian korban hilang. Basarnas menekankan pada keamanan dan keselamatan responder yang bekerja di lapangan.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: BNPB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X