Sebelum Merapi Erupsi 2010 Ini Wasiyat Mbah Maridjan Juru Kunci Gunung Merapi, Sentil Penambangan Pasir...

- Rabu, 8 Desember 2021 | 07:59 WIB
Mendian Mbah Maridjan, Sang Juru Kunci Merapi saat memberikan wasiyat pada 2006 sebelum Merapi Erupsi menelan korban jiwa pada 2010.(SM Banyumas/Dok YouTube Jogja Archive)
Mendian Mbah Maridjan, Sang Juru Kunci Merapi saat memberikan wasiyat pada 2006 sebelum Merapi Erupsi menelan korban jiwa pada 2010.(SM Banyumas/Dok YouTube Jogja Archive)

Suaramerdeka-banyumas.com-Sebagai gunung yang paling aktif aktivitas vulkaniknya, masyarakat sekitar lereng Merapi harus selalu waspada. Menjaga harmonisasi kehidupan dengan Merapi harus dipertahankan dan dilestarikan salah satunya sebagaimana telah disampaikan mendiang Juru Kunci Gunung Merapi Mbah Marijan. 

Empat tahun sebelum Merapi Meletus tahun 2010, saat erupsi bersiap erupsi Mbah Maridjan atau Mbah Marijan menolak mengungsi.

Menjalankan tugas dari Sri Susuhunan Hamengkubuwono IX menjadi alasan sang juru Kunci menolak mengungsi waktu itu. Meski demikian ia tetap mengimbau warga untuk tetap mengungsi sebagaimana anjuran dan perintah dari pemerintah. 

Baca Juga: Gunung Merapi Berstatus Siaga, Gempa Guguran Awan Panas Masih Terjadi

Berikut ini petikan Wasiyat merapi yang ditutuprkan di Srimanganti tempat dimana Labuhan Kraton Jogjayakarta biasa digelar sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Jogja Archive.

Saya menyampaikan kepada pemerintah dan semoga pemerinah tidaksampai salah paham. kalau pemerintah slaah paham, saya dikira menghindari pemerinth. tapi saya punya tug. Tugas dari Ngaso Dalem Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun IX sampai saat ini saya harusmerawat tempat-tempat khusus untuk kepentingan spiritual.

Malah kalau bisa yang tidak punya tugas ya harus mentaati aturan pemerintah. ya harus mengungsi. Karena merek tidak punya kewajiban kepd kraton maupun kesanggupan kepada pemerintah. Yang punya kewajiban ke pemerintah ya ikut aturan pemerintah, yang punya kewajiban ke kraton ya ikut aturan kraton.

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, Ganjar Pranowo Ingatkan Warga Lereng Gunung Merapi Untuk Waspada

Mbah Maridjan mengungkap pantangan terhadap Merapi. Menurutnya Mbah Maridjan meyakini erupsi tidak akan merusak jika manusia berlaku bijak dan menjaga apa yang menjadi pantangan Gunung Merapi

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kompolnas Temukan Fakta Baru Soal Tragedi Kanjuruhan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 18:10 WIB

PSI Deklarasi Ganjar Pranowo jadi Capres 2024

Selasa, 4 Oktober 2022 | 07:19 WIB

Usai Tragedi Kanjuruhan, Kapolres Malang Dicopot

Selasa, 4 Oktober 2022 | 05:35 WIB
X