Gunung Merapi Berstatus Siaga, Gempa Guguran Awan Panas Masih Terjadi

- Rabu, 8 Desember 2021 | 06:48 WIB
KOLOM LETUSAN : Kolom erupsi Gunung Merapi tampak dari Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Jainu. pada  13 Februari 2020 (SM Banyumas/Dok Suara Merdeka)
KOLOM LETUSAN : Kolom erupsi Gunung Merapi tampak dari Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Jainu. pada 13 Februari 2020 (SM Banyumas/Dok Suara Merdeka)

Suaramerdeka-banyumas.com-Jika status aktivitas vulkanik Gunung Semeru Jawa Timur saat ini masih level waspada, status Gunung Merapi di Jawa Tengah dan Yogyakarta berada di bawahnya yaitu siaga

Berdasarkan hasil pengamatan Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral hingga Selasa 7 Desember 2021, status atau level aktivitas vulkanik Gunung Merapi yang masuk wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta adalah siaga

Secara visual terlihat pada gunung api ini jelas hingga berkabut. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal tinggi sekitar 20-30 meter dari puncak. 

Adapun aktivitas kegempaan yang terkait dengan awan panas, guguran, pertumbuhan kubah lava terjadi 3 kali gempa Awan Panas Guguran, 122 kali gempa Guguran, 4 kali gempa Hembusan dan 5 kali gempa Fase banyak.

Baca Juga: Soal Bahaya Lahar Gunung Merapi, Ganjar Minta Aktivitas Penambangan Pasir Dihentikan

Terkait hal inilah sebagaimana dilansir dari laman resmi Badan Geologi, Badan Geologi merekomendasikan masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun pada radius 3 km dari puncak, sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 km ke arah sungai Woro dan sejauh 5 km ke arah sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, Dan Putih.

Pelaku wisata direkomendasikan tidak melakukan kegiatan pada daerah potensi bahaya dan bukaan kawah sejauh 5 km dari puncak Gunung Merapi.

Sebelumnya, aktivitas vulkanik Gunung Merapi yang masih belum stabil Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta masyarakat waspada.

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, Ganjar Pranowo Ingatkan Warga Lereng Gunung Merapi Untuk Waspada

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

1.000 Lintah Hidup Asal Bengkulu, Diekspor ke Malaysia

Kamis, 29 September 2022 | 09:09 WIB

Pemecatan Ferdy Sambo Bukti Komitmen Tegas Polri

Jumat, 23 September 2022 | 08:24 WIB
X