Usai Erupsi Gunung Semeru, Lombok Barat Dilanda Banjir, 404 KK Terdampak

- Selasa, 7 Desember 2021 | 06:54 WIB
Sebanyak 404 KK terdampak banjir di wilayah Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Senin pagi (6/12), pukul 07.00 waktu setempat. (SM Banyumas/BPBD)
Sebanyak 404 KK terdampak banjir di wilayah Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Senin pagi (6/12), pukul 07.00 waktu setempat. (SM Banyumas/BPBD)

LOMBOK BARAT, suaramerdeka-banyumas.com-Setelah kejadian erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur, banjir melanda Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) PADA Senin 6 Desember 2021 pagi. 

Tidak ada laporan korban jiwa ataupun mengungsi akibat genangan tersebut, namun sebanyak 404 kepala keluarga terdampak banjir

Sebagaimana dilansir dari laman resmi BNPB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Barat melaporkan banjir tidak mengalami gangguan, seperti di sektor ekonomi, pendidikan dan komunikasi.

Baca Juga: Update Data Erupsi Gunung Semeru, 14 Meninggal Dunia, 35 Luka Berat, 21 Luka Ringan, 1300 Mengungsi

Menyikapi kondisi ini, tim reaksi cepat (TRC) telah melakukan pendataan, koordinasi dengan pihak kecamatan dan desa, serta patroli untuk memantau kondisi warga yang terkena dampak banjir.

Cuaca ekstrem memicu hujan lebat yang mengguyur wilayah Lombok Barat sehingga menyebabkan banjir di Desa Ranjok, Kecamatan Gunung Sari.

Saat ini air masih menggenangi desa tersebut dengan tinggi muka air berkisar 50 – 100 cm. 

Baca Juga: Pasca Erupsi Gunung Semeru, Dapur Umum Dibuka, BNPB Kirimkan Logistik Awal Senilai 1,1 Miliar

Melihat kondisi cuaca di wilayah NTB, pemerintah daerah dan masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap potensi bahaya hidrometeorologi.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X