Punya Puncak Mahameru, Gunung Semeru Meletus Punya Karakter Khas, Ini Lengkapnya...

- Minggu, 5 Desember 2021 | 08:58 WIB
GUNUNG Semeru yang mengalami erupsi Sabtu 4 Desember 2021.(SM Banyumas/Dok PIxabay)
GUNUNG Semeru yang mengalami erupsi Sabtu 4 Desember 2021.(SM Banyumas/Dok PIxabay)

Suaramerdeka-banyumas.com-Gunung Semeru yang meletus atau mengalami erupsi Sabtu 4 Desember 2021 sore punya karakter khusus dibandingkan gunung lainnya di Indonesia, salah satunya adalah puncak tertinggi yaitu Mahameru. 

Kepala Badan Geologi, Eko Lelono dalam siaran persnya yang disiarkan melalui kanal Sekretariat Presiden Sabtu malam 4 Desember 2021 mengatakan Gunung Semeru punya tipe strato dan kubah lava dengan puncak tertinggi Mahameru yaitu 3.676 meter dari permukaan laut.

Gunung yang secara administrasi berada di di Malang dan Lumajang, Jawa Timur ini punya aktivitas gunung di kawah Jonggring Saloko yang terletak di sebelah tenggara puncak Mahameru yang terbentuk sejak 1913. 

Baca Juga: Pemerintah Pastikan Kebutuhan Dasar Masyarakat Terdampak Erupsi Gunung Semeru Terpenuhi

Sedangkan untuk letusan Semeru umumnya bertipe vulkanian dan strombolian berupa penghancuran kubah gunung atau lidah lava pembentuk kubah baru. 

"Ini yang mengakibatkan awan panas dan guguran la. Ini merupakan karakteristik gunung Semeru," jelasnya.

Sementara dari pengamatan Badan Geologi sejak 1-30 Nopember 2021, kondisi Semeru terlihat jelas dan gunung terlihat aktif. Cuaca cerah dan hujan, dengan suhu 20-32 derajat celcius dengan tiupan angin lemah. 

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, Ini 5 Mitos Gunung Semeru yang Melingkupinya

Erupsi Gunung Semeru kemarin menghasilkan kolam erupsi dengan ketinggian maksimum 300-600 meter berwarna kelabu dan luncuran awan panas terjadi 1700 meteri dari puncak atau 700 meteri dari ujung aliran lava menuju tenggara. 

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X