Gunung Semeru Meletus, Ini Informasi dari BNPB

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 18:45 WIB
PENAMPAKAN Awan panas di langit Lumajang, Jawa Timur akibat Gunung Semeru meletus.(SM Banyumas/Dok twitter BNPB Indonesia)
PENAMPAKAN Awan panas di langit Lumajang, Jawa Timur akibat Gunung Semeru meletus.(SM Banyumas/Dok twitter BNPB Indonesia)

LUMAJANG, suaramerdeka-banyumas.com-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjelaskan kronologi Gunung Semeru meletus pada Sabtu sore. 

Dikutip dari akun twitter BNPB @BNPB_Indonesia, peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Tertinggi di Jawa ini terjadi sekitar pukul 15.20.

Peningkatan vulkanik itu ditandai dengan guguran awan panas yang mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, Ya Alloh Astaghfirulloh...

Gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas vulkanik yang ditunjukkan dengan terjadinya guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu (4/12) pukul 15.20

Selain itu, BNPB juga merilis keterangan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi terkait guguran lava pijar dengan jarak luncurnya. 

Catatan yang dihimpun Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), guguran lava pijar teramati dengan jarak luncur kurang lebih 500-800 meter dengan pusat guguran berada kurang lebih 500 meter di bawah kawah.

Baca Juga: Pendaftaran SNMPTN 2022 Segera Dibuka, Simak Jadwal dan Persyaratannya!

Terkait dengan adanya erupsi Semeru tersebut, BNPB bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang beserta tim gabungan lainnya langsung menuju lokasi untuk melakukan pemantauan, kaji cepat, pendataan, evakuasi dan tindakan lainnya. 

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemecatan Ferdy Sambo Bukti Komitmen Tegas Polri

Jumat, 23 September 2022 | 08:24 WIB
X