Dirjen Hubdar : Tiap Akhir Pekan Ada Sekitar 100 Travel Gelap Beroperasi Dari Purwokerto dan Sekitarnya

- Minggu, 28 November 2021 | 15:28 WIB
DIRJEN Perhubungan Darat Budi Setiyadi saat memantau Terminal Bulupitu Purwokerto Minggu 28 Nopember 2021.(SM Banyumas/Sigit Oediarto)
DIRJEN Perhubungan Darat Budi Setiyadi saat memantau Terminal Bulupitu Purwokerto Minggu 28 Nopember 2021.(SM Banyumas/Sigit Oediarto)


PURWOKERTO, suaramerdeka-banyumas.com- Dirjen Perhubungan Darat Budi Setyadi mengatakan banyaknya travel gelap yang beroperasi dari Purwokerto dan sekitarnya telah mereduksi bus-bus yang sekarang beroperasi di Kabupaten Banyunas dan sekitarnya.

Banyak bus yang jadi longgar karena penumpang berkurang.

"Hasil survei di Purwokerto dan sekitarnya tiap akhir pekan ada 100 kendaraan jenis Luxio dan Avanza yang jadi travel gelap yang mengantar penumpang ke berbagai tujuan," ungkap Budi kepada wartawan saat memantau Terminal Bulupitu, Minggu 28 November 2021.

Baca Juga: Refleksi Akhir Tahun : Cilacap Jadi Kabupaten dengan Produksi Padi Tertinggi Nasional 2019-2020

Menurut dia kalau satu kendaraan Luxio atau Avanza mengangkut 5 orang, berarti ada 500 orang yang beralih naik travel gelap.

Kondisi seperti ini telah mereduksi bus-bus yang sekarang ada.

Dengan banyaknya travel gelap yang banyak beroperasi tiap akhir pekan tersebut, kata Dirjen Perhubungan Darat, pihaknya telah bekerja sama dengan kepolisian untuk menindak tegas.

Baca Juga: Ayo Simak dan Baca ! Buku Max Havelaar Karya Multatuli, Buku yang Membunuh Kolonialisme

"Dari saya sendiri (Ditjen Hubdar -red) sedang membuat regulasi terkait masalah tersebut.

Melalui aturan tersebut nantinya travel gelap yang kendaraannya memenuhi standar keselamatan akan dilegalisasi. Regulasinya lagi dibangun," tandas Budi.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X