Ini Kemegahan Museum Dar Al Madinah di Kompleks Masjid Nabawi Yang Buat Takjub Menag

- Jumat, 26 November 2021 | 08:59 WIB
Petugas Museum Dar Al-Madinah di kompleks Masjid Nabawi menggunakan aneka kecanggihan digital untuk menjelaskan sejarah Madinah dan Nabi SAW.(SM Banyumas/Dok)
Petugas Museum Dar Al-Madinah di kompleks Masjid Nabawi menggunakan aneka kecanggihan digital untuk menjelaskan sejarah Madinah dan Nabi SAW.(SM Banyumas/Dok)

MADINAH, suaramerdeka-banyumas.com-Museum Dar Al Madinah di kompleks Masjid Nabawi Madinah lengkap dengan sarana digital membuat Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang berkunjung Rabu 24 Nopember 2021. 

Menag Yaqut mengaku kagum atas kecanggihan dan kekayaan informasi yang tersaji di museum, utamanya tentang sejarah Nabi Muhammad.

"Museum Dal Al-Madinah ini luar biasa. Saya sangat takjub. Di sini disajikan secara lengkap tentang detil sejarah nabi.

Indonesia sangat berkepentingan memiliki museum serupa, karena mayoritas berpenduduk muslim. Ini akan sangat bermanfaat untuk membangun pengetahuan dan peradaban," kata Gus Men, sapaan akrabnya, di Madinah, Rabu 24 Nopember 2021. 

Baca Juga: Bandara JB Soedirman Kembali Beroperasi, Okupasi Capai 50 Persen

Museum Dar Al-Madinah dibangun atas inisiatif Dr. Muhammad bin Abdul Karim Al-Issa. Ini merupakan museum pertama dan terbesar yang mengkhususkan diri dalam sejarah Kota Mekkah dan Madinah.

Museum ini menampilkan koleksi besar dan lengkap sejarah Nabi Muhammad dan peradaban Kota Mekkah dan Madinah yang dikemas baik secara digital.

Kehadiran Gus Men Yaqut bersama delegasi disambut pengurus museum. Menag mendapat penjelasan tentang seluk beluk museum, sekaligus melihat visualiasi digital serta film Sirah Nabawiyah dalam empat dimensi.

Baca Juga: Perempuan Didorong Dukung Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bersama Santri, Partai Gelora Tanam 10 Juta Pohon

Selasa, 30 November 2021 | 07:22 WIB

Realisasi Pemulihan Ekonomi Nasional Sudah 65 Prosen

Selasa, 16 November 2021 | 01:16 WIB
X