Menkes: Adakan Surveilans PTM Terbatas, Ditemukan Beberapa Kasus Covid-19

- Selasa, 2 November 2021 | 08:14 WIB
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi saat meminjau PTM terbatas di MAN 2 Mataram Senin 11 Oktober 2021.(SM Banyumas/kemenag)
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi saat meminjau PTM terbatas di MAN 2 Mataram Senin 11 Oktober 2021.(SM Banyumas/kemenag)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com-Pemerintah telah melaksanakan surveilans untuk mendeteksi penyebaran Covid-19 dalam pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas dan terkonfirmasi sejumlah sekolah terkena namun relatif sedikit.

Hal itu dijelaskan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan hingga kini pemerintah juga terus memastikan pelaksanaan protokol kesehatan pada pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di sekolah.

Saat ini, pemerintah telah menjalankan surveilans aktif untuk mendeteksi penyebaran Covid-19 pada PTM terbatas.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 pada Libur Nataru, Pemerintah Past Prokes Tetap Berjalan

“Datanya menunjukkan memang ada beberapa sekolah yang kena, artinya ada kasus konfirmasi, tapi jumlahnya relatif sedikit.

Apalagi yang kasus konfirmasi yang di atas lima persen, positivity rate by sekolah kita juga datanya sudah ada dan data itu sudah kita share dengan Kementerian Pendidikan,” ungkapnya.

Ke depan, lanjut Menkes, akan diimplementasikan sistem sehingga setiap satuan tugas penanganan Covid-19 di sekolah bisa melihat informasi sampai ke detail warga sekolah yang terkonfirmasi kasus Covid-19.

Baca Juga: Cuaca Hari Ini, 2 November 2021, Banyumas Raya Hujan Sedang hingga Malam Nanti

“Kita berikan juga aksesnya ke levelnya kabupaten/kota, jadi kepala dinas pendidikan, kepala dinas kesehatan, juga bupati/wali kota bisa melihat seluruh sekolahnya hariannya seperti apa hasil surveilansnya, demikian juga naik ke level provinsi sampai level nasional,” terangnya. Dengan langkah tersebut, diharapkan dapat segera dilakukan tindakan jika terdapat kasus Covid-19 di satuan pendidikan.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X