Dari 19 Nopember Hingga 1 November, Pemerintah Lanjutkan PP Jawa-Bali

- Senin, 18 Oktober 2021 | 21:01 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan pers usai Ratas mengenai Evaluasi PPKM, Senin (18/10/2021) siang.
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan pers usai Ratas mengenai Evaluasi PPKM, Senin (18/10/2021) siang.

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com- Pemerintah kembali melanjutkan Program Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali 19 Oktober hingga 1 Nopember dengan sejumlah penyesuaian untuk mencegah penyebaran kembali Covid-19. 

Dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, hingga saat ini situasi pandemi COVID-19 di Indonesia terus terkendali pada tingkat yang rendah.

Kasus konfirmasi harian nasional juga terus menunjukkan tren penurunan sejak mencapai puncak pada Juli lalu.

Baca Juga: Piet Pagau, Artis yang Viral Didatangi 'Anaknya', Ternyata Mantan Abdi Negara Aktif di Politik Praktis

“Saat ini hanya tersisa kurang dari 20 ribu, tepatnya 18 ribu (kasus aktif) secara nasional dan kurang dari tujuh ribu (kasus aktif) di Jawa-Bali, tepatnya tujuh ribuan. [Menurun drastis] dibandingkan lebih dari 570 ribu kasus aktif pada puncak varian Delta pada 15 Juli yang lalu,” ujar Luhut usai mengikuti Rapat Terbatas yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengenai Evaluasi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Senin 18 Oktober secara virtual.

Indikator lainnya yang menunjukkan situasi pandemi yang terus membaik adalah semakin menurunnya tingkat kematian akibat COVID-19.

“Pada 17 Oktober kemarin, DKI Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta, dan Bali mencatat nol kematian. Provinsi lain di Jawa-Bali mencatat kurang dari lima kematian per hari. Angka ini saya kira jauh lebih bagus lagi daripada bulan Juni sebelumnya,” ujar Menko Marves

Baca Juga: Kasus Pengeroyokan di Tempat Karaoke, Keluarga Tersangka Lapor Balik ke Polresta Banyumas

Luhut meyakini, angka kematian yang rendah ini dapat terus dipertahankan seiring dengan semakin meningkatnya capaian vaksinasi, terutama bagi kelompok masyarakat lanjut usia (lansia).

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Terkini

X