Soal Pedoman Penyelenggaraan HBK, Acara Keagamaan di Bali Bisa Jadi Pelajaran

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 06:02 WIB
 Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, Reisa Broto Asmoro. (SM Banyumas/dok Satgas Penanganan Covid-19).
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, Reisa Broto Asmoro. (SM Banyumas/dok Satgas Penanganan Covid-19).

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com-Untuk melaksanakan pedoman penyelenggaraan peringatan Hari Besar Keagamaan (HBK) yang aman seperti pedoman penyelenggaraan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di saat pandemi masyarakat bisa belajar dari pengalaman acara HBK di Sanur Bali awal Oktober 2021.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, Reisa Broto Asmoro menjelaskan beberapa hal yang dapat dipelajari dari pelaksanaan acara besar keagamaan di Sanur, Bali yang ia hadiri pada 8 Oktober 2021, sebagaimana dilansir dari laman resmi Satgas Penanganan Covid-19. 

Pertama, persiapan yang matang agar Satgas COVID-19 setempat dan aparat keamanan dapat terlibat penuh untuk mengantisipasi setiap kemungkinan penularan, termasuk mencegah kerumunan masyarakat.

Baca Juga: Kabar Baik, Arab Kemungkinan Segera Buka Ibadah Umrah, Jemaah Perlu Diedukasi

Kedua, memastikan skrining atau tes kesehatan dilakukan kepada semua pihak, hanya mereka yang sehat dan sudah divaksinasi saja yang dapat terlibat dalam acara.

Ketiga, memberlakukan QR Scan PeduliLindungi di titik masuk acara, penyediaan fasilitas cuci tangan, serta penerapan wajib masker.

Keempat, menempatkan berbagai petunjuk dan peringatan sikap disiplin Prokes di lokasi acara termasuk informasi dari pemandu acara.

Baca Juga: Hingga 2050, Konsumsi Minyak Naik 139 Prosen, Gas 298 Prosen

Kelima, pemantauan kesehatan para panitia dan semua yang terlibat.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tahap Pertama, BPJPH Sertifikasi 27.188 Produk

Minggu, 17 Oktober 2021 | 18:18 WIB

Gempa Bumi 4,8 SR Guncang Bali dan Lombok

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 08:03 WIB

Gempa Bumi 3,6 SR Guncang Jayapura

Jumat, 15 Oktober 2021 | 08:14 WIB
X