Kabar Baik, Arab Kemungkinan Segera Buka Ibadah Umrah, Jemaah Perlu Diedukasi

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 05:45 WIB

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com-Stafsus Menteri Agama, Ishfah Abidal Azizr mengabarkan kabar baik bahwa pemerintah Kerajaan Arab Saudi kemungkinan akan segera memberikan  kesempatan penyelenggaraan ibadah umrah bagi jemaah Indonesia.

Untuk itulah ia menekankan pentingnya edukasi publik tentang penyelenggaraan umrah di masa pandemi.

“Jemaah perlu diedukasi tentang penyelenggaraan umrah di masa pandemi. Edukasi publik sangat penting agar jemaah bisa mengerti, memahami dan bisa menjalankan umrah di masa pandemi,” terang pria yang akrab disapa Gus Alex ini saat memberi arahan dalam Rapat Koordinasi Tim Manejemen Krisis Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Perjalanan Ibadah Umrah tahun 1443 H di Jakarta, Rabu 13  Oktober 2021 sebagaimana dilansir dari laman resmi Kemenag RI. 

Baca Juga: Hingga 2050, Konsumsi Minyak Naik 139 Prosen, Gas 298 Prosen

“Edukasi penyelenggaraan umrah di masa pandemi ini penting agar tidak terulang lagi terjadinya ketidakdisiplinan jemaah asal Indonesia dalam menerapkan protokol kesehatan setibanya di Arab Saudi,” sambungnya.

Gus Alex menilai nota diplomatik dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi tentang pembukaan ibadah umrah untuk jemaah dari Indonesia sebagaimana dijelaskan Menlu Retno Marsudi sebagai pertanda baik bagi dimulainya penyelenggaraan ibadah umrah.

Meski nota diplomatik tersebut belum merinci tentang kebijakan teknis penyelenggaraan ibadah umrah bagi jemaah dari Indonesia.

Baca Juga: BEM Unsoed Kecam Aksi 'Smackdown' yang Dilakukan Oknum Polisi di Tangerang

Gus Alex meminta tim krisis untuk bisa merumuskan rekomendasi dan langkah persiapan yang baik dalam penyelenggaraan ibadah haji  di masa pandemi.

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tahap Pertama, BPJPH Sertifikasi 27.188 Produk

Minggu, 17 Oktober 2021 | 18:18 WIB

Gempa Bumi 4,8 SR Guncang Bali dan Lombok

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 08:03 WIB

Gempa Bumi 3,6 SR Guncang Jayapura

Jumat, 15 Oktober 2021 | 08:14 WIB
X