PON XX Papua Dijadikan Pemerintah Untuk Patokan Penerapan Prokes Even Besar Lain

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 16:47 WIB
Presiden Joko Widodo saat meresmikan sejumlah arena PON Papua, beberapa waktu lalu. (SM Banyumas/dok fotoBPMI Setpres)
Presiden Joko Widodo saat meresmikan sejumlah arena PON Papua, beberapa waktu lalu. (SM Banyumas/dok fotoBPMI Setpres)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com- Pemerintah menjadikan evaluasi penyelenggaraan PON XX Papua sebagai dasar untuk pengaturan protokol kesehatan pada penyelenggaraan even-even besar lainnya.

 Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan itu dalam keterangan pers usai Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  (PPKM), Senin 11 Oktober 2021 siang.

“Dalam pelaksanaan PON yang masih berlangsung ini, tidak terjadi lonjakan kasus yang cukup signifikan selama acara digelar.

Baca Juga: Kantongi Sabu-Sabu, Supir Beko Asal Cibangkong Diciduk Polisi

Pelaksanaan PON ini akan menjadi pembelajaran untuk pelaksanaan even-even besar lainnya,” ujar Luhut sebagaimana dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), sejak awal penyelenggaraan pertandingan hingga 10 Oktober 2021 jumlah total kasus konfirmasi Covid-19 di PON Papua tercatat sebanyak 83 kasus atau sebesar 0,84 persen dari total peserta, termasuk atlet, ofisial, pelatih, wasit, wartawan, panitia dan lain-lain, yang sebanyak 10.066 orang.

Sedangkan positivity-rate sebesar 1,5 persen dari total yang dites dan tersebar di 16 cabang olahraga (cabor) dari 37 cabor yang dipertandingkan.

Baca Juga: Sebelum Muktamar NU Ke-34 Desember 2021, Ini Ketua Umum PBNU dari Masa ke Masa

Peserta yang terpapar tersebut berasal dari 20 provinsi, dengan lima provinsi penyumbang kasus terbanyak berasal dari DKI Jakarta, Jawa Tengah, Bali, Jawa Timur, dan Jambi.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tahap Pertama, BPJPH Sertifikasi 27.188 Produk

Minggu, 17 Oktober 2021 | 18:18 WIB

Gempa Bumi 4,8 SR Guncang Bali dan Lombok

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 08:03 WIB

Gempa Bumi 3,6 SR Guncang Jayapura

Jumat, 15 Oktober 2021 | 08:14 WIB
X