Presiden Jokowi: Smelter PT Freeport Indonesia di Gresik Jadi Single Line Terbesar di Dunia

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 08:10 WIB
PRESIDEN Joko Widodo saat berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Kabupaten Gresik usai melaksanakan groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia kemarin (SM/IG Jokowi)
PRESIDEN Joko Widodo saat berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Kabupaten Gresik usai melaksanakan groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia kemarin (SM/IG Jokowi)
 
GRESIK, suaramerdeka-banyumas.com-Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan smelter PT Freeport Indonesia akan menjadi smelter single line terbesar di dunia untuk pengolahan tembaga. 
 
Hal itu dijelaskannya sebagaimana terdapat di dalam akun instagram pribadinya @jokowi Selasa 12 Oktober 2021. 
 
"Dibangun di atas lahan seluas 100 hektare, smelter PT Freeport Indonesia ini akan menjadi smelter single line terbesar di dunia dengan kapasitas pengolahan mencapai 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun atau 480.000 ton logam tembaga," katanya.
 
Jokowi menjelaskan Indonesia adalah satu dari tujuh negara dengan cadangan tembaga terbesar di dunia.
 
Dan menurutnya Indonesia telah menguasai 51 persen saham Freeport. Lalu apa selanjutnya? Hilirisasi agar komoditas tambangnya memiliki nilai lebih tinggi.

"Untuk menciptakan nilai tambah itulah, hari ini, saya melakukan groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus Gresik, Jawa Timur," jelasnya.

Presiden berharap kehadiran PT Freeport Indonesia di sini akan menjadi daya tarik bagi industri-industri lain, khususnya industri turunan tembaga, untuk masuk ke KEK Gresik.

 

Dalam kesempatan itu turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Timur adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo.***

 

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tahap Pertama, BPJPH Sertifikasi 27.188 Produk

Minggu, 17 Oktober 2021 | 18:18 WIB

Gempa Bumi 4,8 SR Guncang Bali dan Lombok

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 08:03 WIB

Gempa Bumi 3,6 SR Guncang Jayapura

Jumat, 15 Oktober 2021 | 08:14 WIB
X