Menkes Sebut Kasus Penularan Covid-19 di PON Papua Terjadi di Penginapan dan Saat Makan

- Senin, 11 Oktober 2021 | 21:13 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin/Setkab
Menkes Budi Gunadi Sadikin/Setkab

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebutkan, sebanyak 83 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua terjadi di penginapan dan saat makan bersama.

Menurutnya, kasus positif tersebut terkonsentrasi pada cabang olahraga judo, sepatu roda, panahan, motorcross dan kriket.

Sementara peserta PON Papua 2021 yang terkonfirmasi berasal dari beberapa provinsi asal yaitu DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bali.

"Hasil pengamatan kami, terjadinya penularan ini kemungkinan besar terjadi di penginapan karena satu kamar ditempati oleh sekitar empat orang atlet. Dan juga pada saat makan karena dilakukan makan bersama," kata Menkes saat konferensi pers daring Evaluasi PPKM di Jakarta, Senin, 11 Oktober 2021.

Baca Juga: PON Papua 2021 Diintai Covid-19, 28 Atlet hingga Panpel Terkonfirmasi PositifMenurut Budi, hal ini menjadi catatan untuk melakukan perbaikan-perbaikan protokol kesehatan pada acara sebesar ini.

Disiplin protokol kesehatan, kata dia, masih bisa ditingkatkan dengan memberikan wewenang yang lebih besar kepada Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di daerah.

Menkes menambahkan, pihaknya mengamati ada tujuh atlet yang sebelumnya sudah teridentifikasi Covid-19 berhasil keluar dari tempat isolasi sebelum selesai masa isolasinya.

Atlet tersebut sudah kembali ke kota asalnya yaitu satu orang ke Tarakan Provinsi Kalimantan Utara, dua orang ke Jambi, tiga orang ke Sidoarjo Jawa Timur dan satu orang ke Yogyakarta.

"Atas saran Bapak Presiden, tujuh atlet yang keburu kembali ke kota asal sebelum selesai masa isolasinya bisa segera dikarantina di tempat kedatangan," ujar Menkes.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Sumber: Youtube Sekretariat Presiden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Santri Berkontribusi Mengedukasi Disiplin Prokes

Minggu, 24 Oktober 2021 | 08:44 WIB
X