Viral Kabar Internet Mati Total dan Foto Perbaikan Kabel Internet Bawah Laut, Ini Penjelasan Kominfo

- Jumat, 24 September 2021 | 05:53 WIB
Penjelasan Kementerian Kominfo terkait perbaikan kabel Internet IndiHome bawah laut yang ternyata hoaks. (SM Banyumas/dok kominfo)
Penjelasan Kementerian Kominfo terkait perbaikan kabel Internet IndiHome bawah laut yang ternyata hoaks. (SM Banyumas/dok kominfo)

 

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com- Dua hari ini viral beredar kabar soal internet mati total di media sosial hingga beredar foto bernarasi perbaikan kabel Internet bawah laut yang akhirnya ditanggapi oleh Kementerian Komunikasi bdan Informasi (Kominfo) RI.

Sebagaimana dilansir dari laman resmi Kementerian Kominfo khususnya soal beredar sebuah narasi pada pesan berantai WhatsApp mengenai foto yang diklaim sebagai perbaikan kabel internet bawah laut IndiHome.

Kabar tersebut menurut Kementerian Kominfo merupakan hoaks dengan kategori disiniformasi.

Baca Juga: Liga 2 2021 Dimulai, PSCS Cilacap Hadapi PSIM Yogyakarta di Laga Perdana Grup C

Adapun disinformasi adalah informasi  yang tidak benar namun memang direkayasa (fabricated) sedemikian rupa oleh pihak-pihak yang berniat membohongi masyarakat, sengaja ingin mempengaruhi opini publik dan lantas mendapatkan keuntungan tertentu darinya.

Berikut ini penjelasannya:

  • Terkait foto yang diklaim sebagai perbaikan kabel internet bawah laut IndiHome.Foto tersebut menampilkan rangkaian foto seorang penyelam yang membawa benda panjang berwarna hitam dan kuning. 
  • Setelah ditelusuri, foto yang beredar dan diklaim sebagai perbaikan kabel internet bawah laut IndiHome adalah salah.
  • Faktanya, foto pertama telah beredar sejak 2016, sebelum gangguan pada kabel bawah laut IndiHome terjadi.
  • Sedangkan foto kedua, penyelam dalam foto tersebut adalah Perwira Kecil Kelas 3 Bryan Myers, ditugaskan ke Mobile Diving and Salvage Unit 2, yang sedang melakukan operasi penyelaman di Valparaiso, Chili, pada 29 Juni 2011.

Editor: Susanto

Sumber: Kominfo

Tags

Terkini

Tahap Pertama, BPJPH Sertifikasi 27.188 Produk

Minggu, 17 Oktober 2021 | 18:18 WIB

Gempa Bumi 4,8 SR Guncang Bali dan Lombok

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 08:03 WIB

Gempa Bumi 3,6 SR Guncang Jayapura

Jumat, 15 Oktober 2021 | 08:14 WIB
X