Dugaan Korupsi Bupati Banjarnegara, KPK Jadwalkan Periksa Dua Pengusaha Konstruksi

- Selasa, 7 September 2021 | 20:52 WIB
DIHADIRKAN: Dua tersangka korupsi pengadaan barang dan jasa pada di Kabupaten Banjarnegara, BS dan KA dihadirkan pada jumpa pers di kantor KPK, Jakarta, Jumat (3/9/2021) malam (SMBanyumas/istimewa)
DIHADIRKAN: Dua tersangka korupsi pengadaan barang dan jasa pada di Kabupaten Banjarnegara, BS dan KA dihadirkan pada jumpa pers di kantor KPK, Jakarta, Jumat (3/9/2021) malam (SMBanyumas/istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap dua pengusaha konstruksi terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi (TPK) pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten Banjarnegara tahun 2017-2018.

Dua pihak swasta yang diperiksa yakni Direktur 2 PT Bumi Redjo, Budhi Irawan dan Direktur CV Gayam Konstruksi, Zen Muhammad.

Mereka diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Bupati Banjarnegara non aktif Budhi Sarwono (BS) dan tangan kanannya Kedy Afandi (KA).

Baca Juga: Warga Cukur Gundul Gegara Bupati Banjarnegara Ditahan KPK, Pengamat: Itu Wajar

"Hari ini, 7 September pemeriksaan saksi TPK pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten Banjarnegara tahun 2017-2018 untuk tersangka BS dan KA," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Selasa, 7 September 2021.

Dia mengatakan, pemeriksaan kedua saksi tersebut dilakukan di Gedung Perwakilan BPKP DI Yogyakarta, Jalan Parangtritis KM 5.5, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebelumnya diberitakan, KPK telah menahan dua tersangka, Budhi Sarwono dan Kedy Afandi pada kasus TPK pengadaan barang dan jasa di Pemkab Banjarnegara 2017-2018 pada Jumat, 3 September 2021 lalu.

Baca Juga: Tunjuk Wabup Banjarnegara Syamsudin Jadi Plh Bupati, Ganjar: Segera Konsolidasi!

Dalam kasus tersebut, KPK menduga Budhi menerima commitment fee (biaya komitmen) atas berbagai pekerjaan proyek infrastruktur di Kabupaten Banjarnegara sekira Rp 2,1 miliar.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X