Mulai Dibangun, Ini Penampakan Jalan Baturraden Serang Belik yang Mulai Dibangun

- Rabu, 16 November 2022 | 20:42 WIB
Jalan Baturraden Serang Belik mulai dibangun (SM Banyumas/Instagram Humas Pemkab Banyumas)
Jalan Baturraden Serang Belik mulai dibangun (SM Banyumas/Instagram Humas Pemkab Banyumas)
BANYUMAS, suaramerdeka-banyumas.com- Jalan penghubung Banyumas-Purbalingga-Pemalang tepatnya Jalan Baturraden-Serang-Belik kini sudah mulai dibangun. 
 
Sebagaimana informasi yang dilansir Instagram Humas Pemkab Banyumas menyebutkan Jalan tiga kabupaten yang melalui jalur perhutani sekaligus wisata ini sudah mulai dibangun.
 
Pembangunan tahap pertama Jalan Baturraden Serang telah dimulai dari titik nol yang berada di pertigaan Pancuran Tujuh-Kebunraya Baturraden dan arah ke Serang.
 
 
Sedangkan ruas jalan dari pintu gerbang wanawisata Baturraden sampai pertigaan Pancuran Tujuh, kondisinya masih baik.

Nantinya, ruas jalan Baturraden Kabupaten Banyumas masuk area hutan KPH Banyumas Timur yang tembus ke Serang Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga, mulai diperbaiki atau ditingkatkan.

Jalur tersebut saat ini sebagian besar dalam kondisi rusak parah dan sempit.

Baca Juga: Pengundian Nomor Urut Calon Kades Pilkades Serentak di Purbalingga Aman

Peningkatan jalan Baturraden-Serang-Belik sudah menjadi komitmen tiga kabupaten dan sama-sama masuk usulan prioritas di tingkat provinsi, karena ke depan bisa untuk mengembangan sektor perekonomian dan pariwisata di masing-masing kabupaten.

Total panjang ruas jalan Baturraden-Serang ini sepanjang 14,5 km. Jalan yang masuk wilayah Banyumas sepanjang 6,5 km dan masuk wilayah Purbalingga 8 km.


Pembangunan tahap pertama yang akan dibangun dan ditingkatkan sepanjang 3,45 kilometer, dengan lebar badan jalan 4 meter ditambah kanan-kiri cor masing masing 75 cm sehingga lebar pengerasan jalan menjadi 5,5 meter ditambah drainase.

Baca Juga: Indonesia Turunkan Lima Wakil Ikuti BWF Word Tour Finals 2022

Pembangunan ini merupakan bantuan keuangan dari pemerintah provinsi Jawa Tengah senilai Rp 9,479 miliar.

Pembangunan jalan Baturaden-Serang sudah difungsikan untuk jalur pendukung mobilitas ekonomi lokal tiga kabupaten. Yakni Kabupaten Banyumas, Purbalingga dan Pemalang menuju Pasar Induk Pasar Wage dan Pasar Ajibarang.

Meski jalan kondisi rusak, pengiriman hasil sayuran dari wilayah Belik-Serang masih melewati jalur hutan ini. Mereka terpaksa tetap memilih jalur ini karena lebih dekat.

Baca Juga: Diduga Terlibat Jaringan Terorisme, Dua Anggota Polda Lampung Dibekuk Densus 88

Untuk kelanjutan pembangunan sudah diusulkan tahun 2023 ke provinsi lagi sekitar Rp 12,5 miliar. Ini untuk melanjutkan peningkatan jalan 2 km dengan lebar 4 meter senilai Rp 4 miliar. Kemudian Rp 8,5 miliar untuk penggantian lima jembatan yang sempit (2,5 meter).***

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X