Harga Minyak Goreng Curah di Jawa Tengah Mulai Turun

- Rabu, 8 Juni 2022 | 12:02 WIB
Foto Ilustrasi : Kios pedagang pasar di Banyumas dipasangi selebaran informasi harga minyak goreng operasi pasar kemasan premium dan sederhana. (SMBanyumas/Puji Purwanto)
Foto Ilustrasi : Kios pedagang pasar di Banyumas dipasangi selebaran informasi harga minyak goreng operasi pasar kemasan premium dan sederhana. (SMBanyumas/Puji Purwanto)

SEMARANG, suaramerdeka-banyumas.com - Harga minyak goreng curah di wilayah Jawa Tengah menunjukkan tren penurunan, walaupun di beberapa wilayah masih tinggi.

"Progres dari hasil kunjungan ke lapangan hari ini ke empat titik di Semarang yang cukup bagus dengan tren yang membaik, meskipun masih terdapat beberapa kendala, tetapi masih minor," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut B. Pandjaita Menko Luhut seperti dilansir banyumas.suaramerdeka.com dari laman maritim.go.id, Rabu 8 Juni 2022.

Menko Maves Luhut melakukan kunjungan ke beberapa lokasi, Selasa 7 Juni 2022 untuk memonitor kebijakan pengelolaan minyak goreng curah rakyat (MGCR).

Beberapa lokasi yang dikunjungi di antaranya, Indomarco (sebagai distributor 1), melihat kepenuhan tangki minyak goreng di beberapa titik lokasi di Semarang, pabrik minyak goreng PT BEST, dan melihat dampak rob terhadap kelancaran jalur distribusi minyak goreng di Jawa Tengah.

Baca Juga: 23 Mei, Kran Ekspor Minyak Goreng Dibuka, Jokowi Pastikan Pasokan Terpenuhi dan Harga Terjangkau

Pemerintah saat ini sedang menyusun kebijakan untuk flush out tangki-tangki yang penuh sehingga rantai pasok dari sisi tandan buah segar dapat diserap oleh pabrik-pabrik kelapa sawit.

Menko Marves Luhut B. Pandjaitan menjelaskan, dengan koordinasi antarpemangku kepentingan diyakini pengelolaan MGCR akan dapat berjalan dengan baik.

"Koordinasi terus dilakukan dengan Satgas pangan di daerah, BPKP, Kepolisian Daerah Jateng hingga Kapolsek untuk mengamankan ketersediaan dan kepastian harga MGCR Rp 14.000 per liter atau Rp 15.500 per kg," kata Menko Luhut.

Baca Juga: Pemerintah Siap Terapkan Pembelian Minyak Goreng Gunakan KTP

Halaman:

Editor: Puji Purwanto

Sumber: maritim.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menabur Asa Menuju Petani Gula Sejahtera

Senin, 18 Juli 2022 | 23:46 WIB
X