Jaga Kelancaran Arus Mudik di Jalur Selatan, Begini Strategi Polda Jateng

- Selasa, 26 April 2022 | 21:49 WIB
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi memberikan bantuan kepada personel yang berjaga di Pos Pam Operasi Ketupat Candi 2022 Sampang Cilacap (SMBanyumas/Gayhul Dhika)
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi memberikan bantuan kepada personel yang berjaga di Pos Pam Operasi Ketupat Candi 2022 Sampang Cilacap (SMBanyumas/Gayhul Dhika)

CILACAP, suaramerdeka-banyumas.com - Polda Jawa Tengah menyiapkan sejumlah strategi untuk menjaga kelancaran arus mudik yang melalui Jalur Selatan-Selatan.

"Kita telah melakukan penyekatan jalur terkait arus mudik. Jadi nanti Pospam Sampang akan menjadi tulang punggung dari pada jalur mudik wilayah Selatan-Selatan," ucap Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat mengecek kesiapan jajarannya di pos Pam Operasi Ketupat Candi 2022 Sampang, Cilacap, Selasa 26 April 2022.

Menurutnya arus dari arah Pejagan, Tegal Slawi kemudian Banyumas hingga Cilacap, akan dipecah jalurnya apabila terjadi kepadatan penuh, agar wilayah Jalur Selatan-Selatan tetap lancar.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan drone untuk memantau jalur prioritas untuk mengurai kepadatan.

Baca Juga: Operasi Ketupat Candi 2022, 352 Personel Gabungan Diterjunkan Amankan Lebaran di Purbalingga

"Saya akan perintahkan jajaran, bahwa Polri khususnya Lalu Lintas wilayah Cilacap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, tidak ada wilayah crowded, boleh macet tapi harus lancar, rekayasa lalu lintas sudah kita terapkan dan sudah di gladikan di bawah arahan teknis dari Dir Lantas," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Cilacap AKBP Eko Widiantoro menjelaskan, pada arus mudik kali ini, pihaknya siap membantu memberikan pelayanan dalam memperlancar arus mudik.

"Memang kemarin kita tahu bahwa adanya himbauan dari pemerintah kalau bisa mudik lebih dahulu, tidak harus melalui jalur tol, kalau memang terjadi kepadatan di jalur tol, kita siap di jalur alternatif khususnya di jalur arteri di wilayah selatan," tuturnya.

Adapun untuk memberikan pelayanan dalam memperlancar kegiatan pemudik yang akan menuju ke kampung halaman, ada beberapa titik yang diantisipasi.

Halaman:

Editor: Nugroho Pandhu Sukmono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X