Mulai 8 Januari 2022, Pemberangkatan Jamaah Umrah Indonesia Dimulai

- Jumat, 7 Januari 2022 | 11:20 WIB
SEORANG Jemaah ibadah umrah saat bercengkerama dengan ribuan burung merpati di Arab Saudi (SM Banyumas/Dok pixabay)
SEORANG Jemaah ibadah umrah saat bercengkerama dengan ribuan burung merpati di Arab Saudi (SM Banyumas/Dok pixabay)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com-Setelah tertunda cukup lama akibat pandemi Covid-19, Kementerian Agama RI menyatakan proses pemberangkatan jemaah ibadah umrah dari Indonesia ke Arab Saudi direncanakan akan dimulai Sabtu 8 Januari 2022

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief mengatakan saat ini persiapan penyelenggaraan ibadah umrah di masa pandemi Covid-19 terus dilakukan. 

Karena masih dalam kondisi pandemi, maka penerapan protokol kesehatan dalam rangka perlindungan jemaah ibadah umrah tetap diberlakukan.

  Baca Juga: Pemerintah Terus Evaluasi Menyeluruh Ijin Pertambangan, Kehutanan dan Penggunaan Lahan Negara

“Pemberangkatan jemaah umrah rencananya akan kembali dibuka pada 8 Januari 2022. Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, penyelenggaraan umrah dilaksanakan dengan pengendalian dan pengawasan terhadap kepatuhan protokol kesehatan secara ketat, baik di tanah air maupun di Arab Saudi dengan mengedepankan perlindungan dan keselamatan jemaah,” terang Hilman di Jakarta, Kamis 6 Januari 2022 sebagaimana dilansir dari laman resmi Kemenag RI.

Menurut Hilman, pihaknya telah menggelar rapat lintas Kementerian/Lembaga berkaitan dengan Penyelenggaraan Ibadah Umrah tahun 1443 H pada 3 Januari 2022.

Hilman juga sudah mendapat arahan dari Menag Yaqut Cholil Qoumas terkait keharusan penerapan protokol kesehatan ketat.

Baca Juga: Perbaiki Tata Kelola SDA, Presiden Jokowi Cabut 2.708 Ijin Pertambangan, HGU dan HGB, Ini Lengkapnya..

“PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) yang akan memberangkatkan jemaah umrah juga wajib melaporkan keberangkatan melalui SISKOPATUH,” tegas Hilman.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X