Ini Yang Perlu Diketahui Soal Covid-19 Varian Omicron dan Cara Menanggulanginya

- Selasa, 14 Desember 2021 | 08:12 WIB
Varian Omricon yang menyebar pertama kali di Afrika Selasan 24 Nopember 2021 lalu.(SM Banyumas/Pixabay)
Varian Omricon yang menyebar pertama kali di Afrika Selasan 24 Nopember 2021 lalu.(SM Banyumas/Pixabay)

Suaramerdeka-banyumas.com-Omicron sebagai varian baru Covid-19 menjadi sorotan warga dan pemerintah Indonesia, sehingga disiplin protokol kesehatan hingga penanggulangan penularan di masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) pun dilaksanakan pemerintah.

Sebagai pengetahuan, perlu diketahui tentang varian Covid-19 dengan kode SARS-CoV-2: B.1.1.529 ini. 

Sebagaimana dilansir dari laman resmi Badan Kesehatan Dunia (WHO), berikut ini bisa dirangkum tentang Omicron

1. Varian Omicron atau Varian B.1.1.529 pertama kali dilaporkan ke WHO dari Afrika Selatan pada 24 November 2021. Situasi epidemiologis di Afrika Selatan ditandai dengan tiga puncak berbeda dalam kasus yang dilaporkan, yang terakhir didominasi varian Delta.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Untuk 26,5 Juta Anak 6-11 Tahun Indonesia Dimulai Desember ini

Dalam beberapa minggu terakhir, infeksi telah meningkat tajam, bertepatan dengan deteksi varian B.1.1.529. Infeksi B.1.1.529 terkonfirmasi pertama yang diketahui berasal dari spesimen yang dikumpulkan pada 9 November 2021.

2. Varian ini memiliki sejumlah besar mutasi, beberapa di antaranya mengkhawatirkan. Bukti awal menunjukkan peningkatan risiko infeksi ulang dengan varian ini, dibandingkan dengan varian lainnya. Jumlah kasus varian ini tampaknya meningkat di hampir semua provinsi di Afrika Selatan.

3. Diagnostik PCR SARS-CoV-2 saat ini terus mendeteksi varian ini. Dengan menggunakan pendekatan ini, varian ini telah terdeteksi pada tingkat yang lebih cepat penularannya daripada lonjakan infeksi sebelumnya, menunjukkan bahwa varian ini mungkin memiliki keunggulan pertumbuhan.

Baca Juga: Korban Kedua pada Insiden Lomba Dayung di Sungai Tipar Ditemukan

Halaman:

Editor: Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X