Bertemu Putra Mahkota Abu Dhabi, Jokowi Bawa Komitmen Bisnis dan Investasi 32,7 Miliar Dolar AS

- Jumat, 12 November 2021 | 15:08 WIB
Presiden Jokowi bersama Pangeran MBR saat menyaksikan pertukaran sejumlah nota kesepahaman, di Dubai Exhibition Center, PEA, Kamis (04/11/2021). (SM Banyumas/Dok Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden Jokowi bersama Pangeran MBR saat menyaksikan pertukaran sejumlah nota kesepahaman, di Dubai Exhibition Center, PEA, Kamis (04/11/2021). (SM Banyumas/Dok Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

JAKARTA, suaramerdeka-banyumas.com-Bertemu dengan Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ) di Istana Al-Shatie, Abu Dhabi, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berhasil membawa komitmen bisnis dan investasi senilai 32,7 miliar Dolar Amerika Serikat (AS).

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangannya di Hotel Emirates Palace, Abu Dhabi, Rabu 3 Nopember 2021 sebagaimana dikutip dari laman resmi Setkab RI. 

Jumlah tersebut didapat dari 19 perjanjian kerjaSama yang pertukarannya dilakukan pada Kamis 4 Nopember 2021, saat Presiden Jokowi melawat ke ke Persatuan Emirat Arab (PEA) .

Baca Juga: Jajal Sirkuit Mandalika, Begini Aksi Jokowi Meluncur dengan Motor Custom Hijau Andalan

Menlu menjelaskan bahwa komitmen bisnis dan investasi tersebut menjadi salah satu bahasan saat Presiden Jokowi bertemu dengan Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ) di Istana Al-Shatie, Abu Dhabi.

“Kedua pemimpin membahas kemajuan kerja sama investasi antara kedua negara. Sebagai informasi, selama kunjungan ini terdapat komitmen bisnis dan investasi senilai 32,7 miliar Dolar AS dari 19 perjanjian kerja sama yang akan dipertukarkan besok di Dubai,” ujar Menlu.

Menlu memerinci, komitmen bisnis dan investasi tersebut antara lain kerja sama antara Indonesia Investment Authority (INA) dengan Abu Dhabi Growth Fund (ADG), INA dan DB World, floating solar panel antara Masdar dan Pertamina, refinery Balikpapan, manufaktur dan distribusi vaksin dan bio product.

Baca Juga: Tiga Orang dari Bandung, Hendak Beraksi Mencuri di Hotel Purwokerto, Malah Kepergok dan Diamankan Polisi

Selain itu juga berbagai kesepakatan G42 dengan mitra di Indonesia, antara lain di bidang smart cities, telekomunikasi, pengembangan laboratorium genomic, dan lain sebagainya.

Halaman:

Editor: Susanto

Sumber: Setkab RI/Kepresidenan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X