Listrik PLN buat Panen Buah Naga Sepanjang Tahun

31 Desember 2022
LANGIT mulai gelap ketika ratusan bohlam dinyalakan di Kebun Buah Naga Desa Pekunden, Kecamatan/ Kabupaten Banyumas. Pendar lampu berwana kuning membuat kebun milik Sutrisno (55) tampak cantik di malam hari. Lampu-lampu tersebut dipasang bukan semata untuk estetika, namun dilakukan untuk meningkatkan produktivitas tanaman.

Sutrisno berkisah, buah naga merupakan buah yang membutuhkan sinar matahari yang banyak. Oleh karena itu, penyinaran lampu di malam hari dibutuhkan agar suhu tetap terjaga. Cahaya lampu juga dapat merangsang pembentukan bunga sehingga dapat meningkatkan produksi panen.

Penyinaran dilakukan selama 12 jam dalam kurun waktu 20-25 hari agar membantu buah naga berbunga sehingga dapat berbuah di luar musimnya. Untuk menerangi lahan seluas 1400 meter persegi tersebut, Sutrisno memasang 132 lampu dengan memanfaatkan listrik 2200 watt dari PLN.

Pemanfaatan listrik untuk pertanian tersebut merupakan bagian dari program Electrifying Agriculture PLN. Program ini merupakan layanan penyambungan tenaga listrik untuk sektor pertanian, peternakan, perkebunan, dan perikanan yang akan mendorong peningkatan produktivitas sektor tersebut.

Dengan penggunaan listrik, produktifitas tanaman meningkat dan waktu panen lebih cepat. Kebun buah Naga Sutrisno kini bisa dipanen hingga 4 kali dalam setahun dengan hasil yang lebih maksimal. (teks dan foto: SMBanyumas/Dian Aprilianingrum) ***

Images Lainnya

X